Sineas Edward Pesta Sirait Meninggal Dunia

 Sineas Edward Pesta Sirait Meninggal Dunia
Dunia perfilman Tanah Air kembali dirundung duka. Salah satu sutradara terbaik, Edward Pesta Sirait atau yang akrab dipanggik Edo tutup usia, Sabtu (12/1/2019).
Sutradara serial televisi Keluarga Cemara ini mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Edward meninggal dunia dalam usia 77 tahun.
Kabar duka ini disampaikan oleh rekan penggiat film, produser Amanda Latief melalui pesan singkat. Amanda Latief tak menyebutkan penyebab dari kematian sang sutradara senior tersebut.
“RIP Bang Edward P Sirait (Sutrada senior). Telah meninggal dunia, Eduard Pesta Sirait di RS. Pondok Indah 12 Januari pukul 17.55 WIB, pada usia 77 tahun,” tulis Amanda Latief.
Selama berkiprah di dunia perfilman, Edward P Sirait telah melahirkan setidaknya 17 judul film. Dari karya-karya yang diciptakannya, 5 judul film di antaranya berhasil mengantarkan Edward sebagai nominator dalam ajang Festival Film Indonesia.
Meskipun kini Edward Sirait sudah tak dapat ditemui di dunia, namun karya-karyanya akan abadi dan selalu diingat. Beberapa film populer yang telah digarap Edward antara lain Duo Kribo (1977), Buah Terlarang (1979), Sang Guru (1981), Gadis Penakluk (1981) dan Bila Saatnya Tiba (1985).
Sutradara berdarah Batak ini menunjukkan kebolehannya dalam serial televisi. Edward menjadi sutradara pertama dalam serial televisi populer Keluarga Cemara pada tahun 1996. Jenazah almarhum yg berusia 77 tahun akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Senin (14/1). ***(pik)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *