Siapakah Aktor Terbaik FFI 2020?

 Siapakah Aktor Terbaik FFI 2020?

Reza Rahadian Foto: https://images.app.goo.gl/XovELqupSMJttFn98

JAYAKARTA NEWS—- Tinggal menghitung hari lagi Festival Film Indonesia (FFI) digelar. Malam puncak penganugerahan piala Citra 2020 akan dihelat di Jakarta, 5 Desember 2020. Ada 21 kategori FFI tahun ini yang sudah diumumkan nominasinya baru-baru ini.

Siapakah aktor dan aktris utama dan pendamping yang pantas merenggut Citra? Di nominasi kategori pemeran utama pria, bertengger 7 nama, baik yang sudah jadi langganan tiap tahun maupun yang baru pertama diunggulkan.

Aktor Reza Rahadian Matulessy, 33 tahun, lagi-lagi masuk nominasi. Tidak tanggung-tanggung, Reza Rahadian diunggulkan di 2 film, yaitu ‘Abracadabra’ dan ‘Imperfect : karir, cinta dan timbangan’. Seni peran Reza di 2 film ini sama-sama kuat. Apakah sekali lagi, Reza Rahadian bakal membawa pulang Citra untuk ke empat dan ke lima kalinya ? Jawabnya bisa ya bisa tidak.

Saingan di kategori ini juga tak bisa disepelekan begitu saja. Ada Ibnu Jamil, 38 tahun, yang bermain cemerlang di film ‘Mudik’. “Saya kaget masuk nominasi. Karena ini baru pertama kali sepanjang karier saya di dunia film. Masuk nominasi saja saya sudah bersyukur,” ujar Ibnu Jamil yang berstatus duda satu anak yang belakangan sedang dekat dengan aktris Ririn Ekawati, janda cantik.

Masih ada 4 aktor lain yang bersaing ketat di kategori ini, Gunawan Maryanto (‘Hiruk Pikuk Si Alkisah: The Science of Fictions), Dion Wiyoko (‘Susi Susanti, Love All’), Ario Bayu (‘Perempuan Tanah Jahanam’) dan Alqusyairi Radjamuda (‘Mountain Song’).

Sedangkan di kategori pemeran utama wanita, masuk 6 nomine. Yang terkuat adalah Laura Basuki, 32 tahun, yang berperan sebagai atlet bulutangkis Susi Susanti dalam film ‘Susi Susanti, Love All’. “Ternyata, ajang FFI masih ada. Semoga semakin maju dan berkembang pesat. Meski pandemi, semoga berjalan lancar. Ada terobosan baru dan harapan baru,” tutur Laura Basuki. Ketika ditanya, kans nya tahun ini, bakal merebut Citra lagi setelah ‘Gara Gara Bola’ tahun 2008, Laura hanya tersenyum. “Amin…,” demikian doanya.

Di sisi lain, ada 5 nomine lain dan itu pun tak bisa dipungkiri oleh Laura, sama-sama punya peluang. Misalnya dokter gigi Ully Triani (Ully Nursolihati), 36 tahun, yang bermain apik di film ‘Humba Dreams’. “Terima kasih untuk dewan juri karena akting saya sudah diberi punten masuk nominasi. Ini pertama saya dinominasikan, makanya saya deg-degan. Nomine lain juga bagus dan hebat,” ucap model yang jadi ikon ‘Jakarta Fashion Week’ 2010 dan model untuk video klip RAN.

Kemudian, ada Tara Basro (‘Perempuan Tanah Jahanam’), Putri Ayudya (‘Mudik’), Jessica Mila (‘Imperfect’) dan Faradina Mufti (‘Guru Guru Gokil’).

Di kategori pemeran pendamping pria, ada 7 aktor masuk nominasi, yaitu Ade Firman Hakim (‘Ratu Ilmu Hitam’), Butet Kertaradjasa (‘Abracadabra’), Iszur Mochtar (‘Susi Susanti, Love All’), Kiki Narendra (‘Perempuan Tanah Jahanam’), Totos Rasiti (‘Mekah I’m Coming), Yoga Pratama (‘Mudik’) dan Yudi Ahmad Tajudin (‘Hiruk Pikuk Si Alkisah – The Science of Fictions). Pemeran pendamping wanita : Asmara Abigail (‘Mudik’), Asri Welas (‘Guru Guru Gokil’), Christine Hakim (‘Perempuan Tanah Jahanam’), Dewi Irawan (‘Imperfect’), Marissa Anita (‘Perempuan Tanah Jahanam’), Ratna Riantiarno (‘Love For Sale 2’) dan Ria Irawan (‘Mekah I’m Coming).

Penyelenggaraan FFI ke 40 tahun ini merupakan barometer perkembangan film nasional. “Dan FFI adalah pencapaian terbaik yang dihasilkan pekerja film tanah air selama setahun terakhir. Ada unsur hiburan, edukasi dan apresiasi. Lebih detilnya kita lihat saja malam puncak penganugerahan FFI 2020 di Jakarta tanggal 5 Desember mendatang.

Mendikbud Nadiem Makarim berjanji akan datang memberikan piala Citra sebagai penghargaan tertinggi untuk film cerita panjang (bioskop) terbaik,” jelas Lukman Sardi selaku Ketua Komite FFI 2020. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *