Siap-siap “Si Doel” Ngadu

 Siap-siap “Si Doel” Ngadu

CALON Gubernur petahana Rano “Si Doel” Karno dalam beberapa kesempatan melemparkan pernyataan tidak puas, cenderung memprotes, bahkan menuding ada kecurangan dalam Pilkada di Provinsi Banten. Kekalahan tipis itu membuat ia serasa ketabrak opelet.

Menilik sikap “Si Doel” yang sepertinya belum legowo, maka ada kemungkinan bakal mengadu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Kuasa hukum Wahidin-Andika, Yusman Nur, mengatakan hasil penghitungan suara dalam Pilkada Banten memang rawan digugat.

Seperti diketahui, perolehan suara Pilgub Banten 2017 berdasarkan hasil real count KPU, menempatkan pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy sebagai pemenang. Selisih suara dengan kubu petahana Rano Karno-Embay Mulya Syarif cukup tipis, hanya 1,86 persen setara 87.737 suara.

Menurut Yusman, sejatinya persoalan yang ada di Pilkada Banten tidak bisa diusung ke MK jika merujuk ke Pasal 158 ayat 1 UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Alasannya, selisih suara sah dua pasangan calon lebih dari 1 persen.

Kendati begitu, pihaknya siap menghadapi kubu petahana bila tetap mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Bukti-bukti pun sudah disiapkan, seperti hasil real count, quick count, dan data-data dari KPU Banten. “Jika mereka legowo, itu lebih baik. Tetapi jika mereka menggugat, kita siap,” tegasnya, Senin (20/2).

Kesiapan itu disebut sebagai kesiapan berlapis. “Jika kuasa hukum mereka mengadu ke MK, tentu punya dasar. Silakan saja menempuh jalur hukum sesuai aturan main. Kami hanya mengimbau, pihak yang kalah bisa ikut mendinginkan suasana, bukan sebaliknya,” kata Yusman, bijak. ***

Digiqole ad

Related post

2 Comments

  • Dari hasil perolehan suara real count dan quick count sudah jelas pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy sebagai pemenang, semoga di masa mendatang era baru Banten semakin cerah. Saya berharap pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif bisa menerima kekalahan tipis ini dengan sikap ‘legowo’.

  • Melihat hasil hitung real account KPU Banten Wahidin Halim dan wakil dinayatakan menang, walaupun tipis kurang dari 1% ,kira masyarakat banten ingin agar Si Doel Anak Sekolahan ,mengurung niatnya untuk banding, sudahlah Doel Legowo demi Mayarakat banten juga , Sukses Wahidin Halim – Andika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *