Connect with us

Entertainment

Siap-siap! Sawung Jabo akan Hibur Masyarakat Surabaya 14 November

Published

on

Pertunjukan musik Sawung Jabo & Sirkus Barock /foto: tangkap layar YouTube sawung jabo

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS – Komunitas Seduluran Semanggi Suroboyo (SSS) akan menggelar pertunjukan musik Sawung Jabo & Sirkus Barock di Gedung Cak Durasim, kompleks Taman Budaya Jawa Timur Jl. Genteng Kali 85 Surabaya pada Selasa(14/11/2023).

Ketua Panitia Cak Sjamsul Umur menjelaskan bahwa acara ini diberi tajuk “Kado Nggo Jabo” (Kado untuk Jabo).

“Sebagai seniman yang lahir dan besar di Surabaya yang lantas merantau di Jogjakarta, kemudian malang melintang di jagad kesenimanan –khususnya permusikan– antara lain pernah berguru dan berkiprah di Bengkel Teater Rendra, Swami dan Kantata Takwa serta sejumlah komunitas dan entitas lain, sudah selayaknya kalau kami mengadakan gelar musik yang dimotori Cak Jabo ini.

Sebagaimana aktivitas Jabo yang tiada henti di kanal musik yang lahir di kampung Ampel dan yang kini mukim di Sydney, Australia, tahun lalu Sawung Jabo menggebrak Jogja, dilanjut Bandung dan Bogor. “Dan tahun ini, giliran kotane awake dewe, rek. Kota kelahirane Jabo: Suroboyo!” kata Cak Sjamsul yang terkesan pendiam tapi nyatanya grapyak ini.

Pertunjukan Kado Gawe Jabo ini dibagi dua sesi. Sesi I dimulai pukul 18.00 menampilkan pemberi kado para seniman keluarga besar SSS, yaitu Djatu Parmawati, Desy Agustina, Utiek, Bambang Jon, Ndindy & Helen (teatrikal puisi-musik), Prof. Rubi Castuby Band, dan Asri Nugroho (teatrikal seni rupa).

Sedang Sawung Jabo & Sirkus Barock memulai pertunjukan pukul 19.15 hingga selesai acara diperkirakan sekitar pukul 22.00.

Para personel Sawung Jabo & Sirkus Barock: Sawung Jabo (gitar), Emanuel Hertoto (Toto Tewel) lead guitar, Ucok (violin), Denny (perkusi), Hasnan (cello), Bagus (keyboard), Joel (gitar), Tauhid (bas), dan Wasis (drum).

Kata Cak Sjamsul, pertunjukan ini gratis. “Bagi yang sudah kehabisan tiket, jangan kuatir. Bisa nonton via streaming,” ujarnya.

Komunitas Seduluran Semanggi Suroboyo aktif menggelar berbagai kegiatan budaya. Tahun 2022, menggelar dua aktivitas, yaitu orasi budaya Eros Djarot di Balai Budaya kompleks Balai Pemuda Surabaya, pada 12 Juli — dimana selain orasi budaya, juga disuguhkah lagu-lagu yang ditulis oleh budayawan ini, dibawakan penyanyi Djatu Parmawati, Desy Agustina, Dian Permana, Putri Ajeng dan sejumlah seniman musik pendukung lainnya.

Empat bulan kemudian, pada 25 November digelar di Wisma Jerman (dulu disebut Goethe Institute) diskusi dan pembacaan puisi kumpulan puisi “69 Cinta untuk Rayni” karya pewarta dan pengarang Noorca M. Massardi.

Acara tersebut didukung pembacaan puisi oleh seniman Jawa Timur: Wina Bojonegoro, Ndindy & Helen (teatrikal puisi-musik), Denting Kemuning, Heti Palestina Yunani, serta musikalisasi puisi oleh Bambang Jon, Arul Lamandau.

Tahun ini — 2023, SSS menggelar dua kegiatan budaya. Selain musik Sawung Jabo & Sirkus Barock, juga acara launching dan diskusi buku “Senja Keemasan Peter A. Rohi” yang ditulis jurnalis senior Amang Mawardi, bertempat di Balai Wartawan Surabaya pada 15 Juni 2023, dengan pembicara guru besar Unair Prof. Dr. Hotman Siahaan, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, Henky Kurniadi Ketua SSS, dan Inyo Rohi salah satu putra jurnalis idealis Peter Apolinus Rohi yang sedang berada di Tanah Air. Inyo adalah staf KBRI Rusia di Moskow. Bertindak sebagai moderator adalah Toto Sonata wartawan dan penyair. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *