‘Si Anak Pintar’ Kembali ke Indonesia untuk Liburan Keluarga

 ‘Si Anak Pintar’ Kembali ke Indonesia untuk Liburan Keluarga

Mantan Presiden A.S. Barack Obama mengunjungi Candi Borobudur abad ke-9 di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia pada tanggal 28 Juni 2017. REUTERS / Pius Erlangga

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama (ke-2 dari kiri), istrinya Michelle (ketiga dari kiri) bersama anak perempuannya Sasha (tengah) dan Malia (kedua dari kanan) mencoba ikut arung jeram saat berlibur di Desa Bongkasa, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia, pada tanggal 26 Juni, 2017. [Antara Foto / Wira Suryantala ]
DARI  arung jeram di Bali, kemudian  mengunjungi candi-candi di Jawa, liburan keluarga pribadi mantan Presiden AS Barack Obama, seolah bernostalgia  kembali  di Indonesia di mana ia pernah menghabiskan waktu empat tahun hidup di Jakarta tumbuh dan berkembang sebagai anak-anak.

Ketika pindah ke Jakarta, saat itu Obama berusia enam, yakni  setelah ibunya  Ann Dunham, menikah dengan seorang pria Indonesia setelah  pernikahannya dengan ayah Obama yang warga Kenya, berakhir.

“Saya merasa bangga karena temanku menjadi presiden,” kata Sonni Gondokusumo, 56, mantan teman sekelas Obama di SD Negeri Menteng 01 di Jakarta.

Gondokusumo menunjukkan foto  dirinya di kelas yang berdiri di belakang seorang pemuda bernama Obama, yang saat itu sedang mengenakan baret sekolah.

“Dia adalah anak yang pintar. Kapan pun seorang guru memintanya untuk memecahkan masalah di depan kelas, dia bisa melakukannya,” kata Gondokusomo seperti dikutip  Reuters. Gondokusumo berharap,  dirinya bisa bertemu dengan mantan presiden itu lagi dalam kesempatan liburan Obama dan keluarga ke Indonesia.

Obama tetap populer di Indonesia,  dimana  perjalanan liburannya ke tanah air telah publikasikan bersamaan dengan  libur panjang yang  menandai lebaran. Surat kabar Rakyat Merdeka memuat berita utama dengan judul “Obama mencintai Indonesia”.

Obama kembali untuk kunjungan resmi sebagai presiden pada 2010 bersama istrinya, Michelle, namun kali ini telah membawa anak perempuan Malia dan juga Sasha.

Orang Indonesia adalah pengguna media sosial yang “gila”. Kedatangan Obama menjadi perbicangan di media sosial. Tidak mengherakan jika foto kegiatan Obama dalam liburannya di Bali, seperti saat Obama berjalan bersama keluarganya  di sawah dan arung jeram di Sungai Ayung, telah diviralkan.

Obama memilih liburan di  Pulau Bali, di mana ia menginap di  resort yang mewah, yakni Four Seasons Resort Bali, yang lokasinya berada di dekat pusat kebudayaan di Ubud.

Former U.S. President Barack Obama visits the 9th-century Borobudur Temple in Magelang, Central Java, Indonesia June 28, 2017. REUTERS/Pius Erlangga

Pada hari Rabu, Obama dan keluarganya tiba di kota Yogyakarta, yang lantas  mengunjungi candi Borobudur. Untuk pengamanan rombongan Obama ini,  Polda  Jawa Tengah mengerahkan 700 petugas guna memastikan kunjungan Obama  ke Borobudur, sebuah candi  Budha yang berasal dari abad ke-8 dan ke-9, berjalan lancar dan aman.

Obama dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada hari Jumat (30/6/2017) di istana di Bogor,  yang kemudian dilanjutkan dengan  mengunjungi Jakarta  pada hari Sabtu (1/7/2017). ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *