Semua Sistem Singapura Siap Selenggarakan Pertemuan Bersejarah Trump-Kim

 Semua Sistem Singapura Siap Selenggarakan Pertemuan Bersejarah Trump-Kim

Howard X berperan sebagai Kim dengan seorang peniru Trump di Olimpiade Musim Dingin

Howard X berperan sebagai Kim dengan seorang peniru Trump di Olimpiade Musim Dingin

 

SEMUA sistem di Singapura siap 100%  untuk memfasilitasi pertemuan puncak bersejarah Presiden Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong-un.

Singapura benar-benar mempersiapkan dirinya  untuk menyambut kedatangan  Trump dan pemimpin Korea Utara  menjelang pertemuan puncak mereka yang sangat ditunggu-tunggu di Kota Singa.

Kedua pemimpin itu diharapkan  mendarat pada hari Minggu ini, yang memberi kesempatan bagi mereka satu hari penuh untuk mempersiapkan KTT yang akan digelar pada hari Selasa, 12 Juni 2018.

Sejauh ini tidak ada informasi waktu kedatangan untuk Kim, tetapi situs pelacak penerbangan Flightradar24 menunjukkan pesawat Air China telah meninggalkan Pyongyang pada hari ini  pukul 8.30 pagi waktu setempat.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan bahwa Boeing 747, yang “dikenal sebagai jet pribadi yang digunakan oleh pemerintah China untuk membawa pejabat tingkat tinggi, termasuk Presiden Xi Jinping” sudah bertolak dari IbukotaKorea Utara.

Kementerian luar negeri Singapura mengatakan, Kim akan bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada hari Minggu.

Pihak Gedung Putih  mengatakan bahwa Trump, yang terbang langsung dari KTT G7 di Quebec, Kanada, diperkirakan tiba di Singapura pada 8.35 malam.

Setibanya di Singapura, pemimpin AS itu akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Lee pada hari Senin.

Kedua belah pihak dan Singapura telah menjaga ketat  rincian pertemuan hari Selasa, yang akan diadakan di Hotel Capella yang mewah di pulau resor Sentosa, di ujung selatan Singapura.

 

Kawasan Pulau Sentosa, Singapura

 

Sebuah laporan Bloomberg, Minggu pagi mengatakan Trump bermaksud untuk bertemu sebentar dengan Kim  “empat mata”  di awal KTT, yang akan dimulai pada jam 9 pagi.

Kedua pemimpin itu nantinya akan bergabung dengan pembantu terdekat mereka – Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton untuk Trump, dan untuk Kim, saudara perempuannya Kim Yo-jong, kata laporan itu.

Bloomberg mengutip seorang pejabat AS yang mengatakan deklarasi bersama dapat dikeluarkan jika pertemuan berjalan dengan baik, dan itu tidak mungkin untuk melampaui hari Selasa.

Ada beberapa spekulasi bahwa pertemuan itu dapat berlangsung hingga Rabu karena langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan Singapura – pembatasan ruang udara dan tambahan “penghentian dan pencarian” kekuatan untuk polisi – berakhir hanya pada hari Kamis.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan pada hari Sabtu mengatakan “untuk saat ini semua sistem sudah siap”.

Dia mengatakan bahwa dia mengunjungi kedua ibu kota (Washington dan Pyongyang) “untuk memastikan semuanya berjalan lancar, dan di tempat, dan bahwa tidak akan ada spoiler atau kesulitan terakhir”.

Langkah-langkah pengamanan akan ditingkatkan pada tengah malam pada hari Minggu, terutama di daerah sekitar Capella Hotel, St Regis Hotel  (tempat Kim menginap), dan Shangri-La Hotel (tempat Trump menginap).

The St Regis Hotel dan Shangri-La Hotel berada dalam jarak berjalan kaki satu sama lain dan berada di distrik diplomatik Singapura yang berdekatkan dengan pusat perbelanjaan Orchard Road.

Akses ke jalan di sekitar hotel dibatasi, dengan pos pemeriksaan polisi yang dipasang untuk kendaraan yang memasuki dan keluar dari area masing-masing di sekitar mereka.

Bersama dengan ribuan petugas polisi berseragam, Singapura mengerahkan pasukan besar dari Polisi Gurkha Contingency untuk mengamankan tiga hotel yang terlibat di puncak.

Memang akan ada peningkatan kehadiran polisi di wilayah Sentosa, tetapi resor pulau itu tidak akan sepenuhnya ‘dimatikan’ selama periode KTT, kata pihak berwenang.

China mungkin mengirim jet tempur untuk Kim Jong-un saat dia terbang ke Singapura untuk bertemu Trump

Pulau kecil ini menyambut sekitar 20 juta pengunjung setiap tahun dan merupakan rumah bagi hamparan panjang pantai yang terlindung dan tersedia taman hiburan Universal Studios Singapore yang populer.

Sekitar 60 meriam era kolonial Inggris ada di pulau itu – dulu sebuah benteng yang digunakan untuk melindungi pelabuhan – telah dihiasi dengan bunga dan zaitun sebagai isyarat kedamaian menjelang KTT Selasa.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *