Selandia Baru, Negeri Awan Putih Panjang

 Selandia Baru, Negeri Awan Putih Panjang
Puncak gunung bersalju membuat suku Maori memberi nama Negeri Awan Putih Panjang untuk negara yang kemudian dikenal dengan nama New Zealand.

SEKITAR 800 tahun yang lalu suku Maori mengarungi lautan sejauh ribuan kilometer yang akhirnya menetap di Selandia Baru. Suku Maori dahulu bertempat tinggal di pulau-pulau tropis di Polinesia, mereka akhirnya hijrah ke Selandia Baru yang tanahnya sangat jauh berbeda dengan di Polinesia.

Sementara, para pendatang lain dari Eropa tiba di Selandia Baru kira-kira lima ratus tahun kemudian. Di sini banyak gunung berapi dan gletser juga mata air panas dan salju.

Sekarang kebudayaan Polinesia maupun Eropa sudah bisa diterima oleh kebanyakan orang Selandia Baru dan hampir 90% penduduknya tinggal di kota Wellington ibu kota dari Selandia Baru yang terletak di bagian bumi paling selatan. Nama Selandia Baru berasal dari kata Zeeland (sebuah daerah di Belanda).Orang Maori menyebutnya Aotearoa (negeri awan putih panjang).Penduduknya berjumlah sekitar 4,7juta

Kebanyakan orang Selandia baru berbahasa Inggris tapi bahasa penduduk asli yaitu Maori, kembali digunakan sekarang ini dan diajarkan lagi di sekolah-sekolah, situs Web resmi.

Di Selandia Baru banyak pemandangan alam yang sangat indah, banyak binatang unik, banyak pula jenis burung yang tidak bisa terbang dan lebih banyak dari pada di tempat lain mana pun. Ada reptil mirip kadal, mamalia asli negeri ini hanyalah beberapa jenis kelelawar dan mamalia laut yang besar termasuk Paus dan Lumba-lumba. Jadi meskipun Selandia Baru terpencil, namun banyak dikunjungi wisatawan-wisatawan manca negara sampai tiga juta turis setiap tahunnya. ***

Suku Maori.
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *