Sedulur Nyeni Umumkan Juara Lomba Tari Online

 Sedulur Nyeni Umumkan Juara Lomba Tari Online

Alizka Novia Salzabila membawakan Tari Kidung Selayung (Juara I), dan Nida (Juara II) membawakan Tari Topeng Kelana.

Konser Tari Online Indonesia Mendunia

Jayakarta News – Sanggar Sedulur Nyeni mengumumkan juara Lomba Tari Online yang digelar sepanjang bulan April 2020. Penilaian video tari yang masing-masing berdurasi sekitar enam menit itu berlangsung selama dua hari. Hari pertama penjurian berlangsung pada Rabu (29/4/2020) bertepatan peringatan Hari Tari Sedunia. Pada momen ini pula Sedulur Nyeni mengumumkan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan Konser Tari Online Indonesia Mendunia. 

Kriteria penilaian lomba tari lintas genre ini meliputi tiga unsur yakni: wiraga, wirama, dan wirasa.  Lomba ini diikuti sejumlah 46 penari yang berasal dari seluruh Indonesia. Alizka Novia Salzabila berhasil membetot perhatian dewan juri dan keluar sebagai juara pertama. Pemenang selanjutnya berturut-turut: Nida (juara 2), Nikita Zilvilia Ayu Putrie (juara 3), Jerry Bayu Mawardi (juara harapan 1), Fadil Alfayat (juara harapan 2), Almira Ahda Asharika (juara harapan 3).

Juara 1, 2, dan 3 mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, tropy, dan piagam. Sementara para juara harapan memperoleh tropy dan piagam. Semua peserta Lomba Tari Online lintas genre ini mendapatkan piagam virtual. Para dewan juri terdiri dari akademisi Institut Seni Indonesia (ISI) yakni Drs Surojo MSn dan Dra Hj. Setyastuti, MSn, Ketua Sanggar Sedulur Nyeni Sukoco Hayat DP serta  wakil pekerja seni.

Nikita Zilvilia Ayu Putrie (juara 3) membawakan Tari Remo dan Jerry Bayu Mawardi (juara harapan 1) asal Yogyakarta.
Fadil Alfayat. Juara harapan 2. Tari Ronthek. Asal Yogya dan Almira Ahda Asharika. Juara harapan 3. Tari Sigrak.

Selain menetapkan juara versi dewan juri, Lomba Tari Online ini juga akan menobatkan enam jawara versi penonton YouTube. Satu orang jagoan teratas akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu, seluruh jagoan pemirsa ini, dari juara 1 sampai dengan 6, akan mendapatkan hadiah lukisan ukuran 20×20 karya pelukis Sedulur Nyeni, Sukoco Hayat.

“Sekarang jajak pendapat pemirsa masih berlangsung channel YouTube Sedulur Nyeni dan akan kami tutup tanggal 29 Mei,” kata Sukoco. Pengumuman peraih survei tertinggi ini akan dilakukan pada tanggal 30 Mei. Pada kesempatan ini pula akan diserahkan hadiah kepada seluruh pemenang, baik versi juri maupun versi polling

Surojo memberikan apresiasinya kepada para pemenang dan seluruh peserta. Dosen ISI ini berharap agar lomba tari online ini menjadi agenda rutin. “Saya bangga dan senang dengan terselenggaranya acara ini dan semoga ini menjadi agenda rutin Sanggar Sedulur Nyeni bersama Channel YouTube,” kata Surojo. Lomba tari Online ini digelar di tengah pandemi corona demi menyiasati pekerja seni tari yang batal manggung dan harus bekerja dari rumah.             

Konser Tari Online Indonesia Mendunia

Sukoco memaparkan, setelah sukses menyelenggarakan Lomba Tari Online, Sanggar Sedulur Nyeni akan menggelar Konser Tari Online Indonesia Mendunia. Konser ini akan digelar mulai tanggal 10 Juni 2020 pukul 00.01 WIB di Channel YouTube Sedulur Nyeni.

Konser ini terbuka untuk umum, tanpa batasan usia, bisa tunggal boleh kelompok, dan video tari yang diserahkan ke panitia belum pernah dipublikasikan. Penerimaan video dibuka mulai tanggal 29 April sampai dengan 5 Juni. Persyaratan lengkap bisa diunduh dari web resmi Sedulur Nyeni atau menghubungi kontak person di nomor HP 0857 01798344. (Ernaningtyas)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *