Sanggar Humaniora Terima Bantuan dari Presiden

 Sanggar Humaniora Terima Bantuan dari Presiden

foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Sanggar Humaniora dan Rumah Singgah Bunda Lenny menerima bantuan sembako dari Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Sosial RI. Sembako tersebut telah dibagikan kepada warga binaan dan janda lansia di Kranggan Permai, Jatisampurna, Bekasi.

Humaniora Foundation acap menerima bantuan dari masyarakat berupa uang tunai dan sembako serta fasilitas penunjang sarana kerja yang umumnya para pemulung dan janda lansia.

“Setelah 25 tahun kami melayani, baru sekali ini dapat bantuan dari negara. Terima kasih kepada Bapak Presiden RI,  H.Ir. Joko Widodo dan Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara,” ujar pendiri Humaniora Foundation, Eddie Karsito di lokasi pembagian sembako di Jatisampurna, Bekasi, baru-baru ini.

foto istimewa

Selama ini, Humaniora selalu menerima bantuan dari lembaga nirlaba, lembaga dan perseorangan, seperti Sahabat Kartini, Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) dll.

“Mereka tahu kami selalu membantu orang susah seperti pemulung dan janda lansia, makanya banyak dermawan ikut berpartisipasi menyumbang melalui kami. Tanpa diminta, kami salurkan kepada masyarakat yang memang sedang dilanda kesusahan. Kami enggak meminta-minta atau mengedarkan proposal. Tapi para dermawan mempercayakan kepada kami,” tutur Eddie Karsito.

Lebih jauh, Eddie Karsito menjelaskan bahwa mereka yang berhak menerima bantuan adalah para pekerja  keras di sektor nonformal seperti buruh bangunan, pekerja galian tanah, petugas kebersihan angkut sampah, pekerja rumah tangga, pedagang keliling dan pengamen yang benar-benar terdampak pandemi C 19.

“Ada 229 pemulung dibawah binaan Humaniora, yaitu janda lansia berusia 60-96 tahun, anak yatim piatu non-panti di Bekasi dan Bale Endah di Bandung,” imbuh Eddie Karsito sembari ditambahkan, inilah yang jadi cikal bakal Sekolah Kemanusiaan yang telah dirintisnya bersama rekan-rekannya.

Selama ini, Humaniora Foundation telah  melakukan aksi sosial ratusan kali dan peduli sosial serta santunan kepada anak yatim ketika terjadi bencana korban banjir, tanah longsor, kebakaran serta pelayanan pendidikan nonformal.

Hadir dalam pembagian sembako di Jatisampurna, Bekasi adalah artis dan pekerja seni Yati Surachman, Ageng Kiwi, Iwan Burnani, Iwan Gardiawan, Eyang Ratih (tokoh spiritual) yang merupakan pembina dan penasehat Humaniora.

“Sebelum ada pandemi C 19, kami telah bergerak membantu kepada sesama. Kami juga menumbuhkan nilai-nilai solidaritas kepada mereka yang terdampak pandemi C 19. Ini momentum meningkatkan  kebersamaan dan tolong menolong,” ungkap Bendahara Humaniora Foundation, Ageng Kiwi yang dikenal sebagai penyanyi dang dut. Ini aksi sosial rutin selama puluhan tahun dengan misi utama full concern buat pemulung, anak dhuafa dan janda lansia. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *