Sambut Hari Kesetiakawanan Sosial, Warga Cilincing Cat Rumah Secara Gotong Royong

 Sambut Hari Kesetiakawanan Sosial, Warga Cilincing Cat Rumah Secara Gotong Royong

Gotong royong mengecat sejumlah rumah warga di pesisir pantai utara, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sambut Hari Kesetiakawanan Sosial 2022. (Kemensos)

JAYAKARTA NEWS – Ada hal menarik pagi ini di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Sejak pukul 8 pagi, warga yang tinggal di RW 04 berkumpul untuk melakukan aksi gotong royong mengecat sejumlah rumah warga yang berada di pesisir pantai utara.

Kegiatan gotong royong pengecatan rumah-rumah warga ini adalah bagian dari pelaksanaan program Keserasian Sosial yang diberikan oleh Kementerian Sosial kepada warga di RW 04. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi rangkaian acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Indonesia (HDI), yang puncak acaranya akan berlangsung pada 20 Desember 2022 mendatang di Klungkung, Bali.

Kegiatan pengecatan rumah, tidak hanya dilakukan oleh warga saja, namun juga dibantu oleh para pilar-pilar sosial di DKI Jakarta, diantaranya Tagana, Pelopor Perdamaian, Karang Taruna, hingga para Pendamping PKH.

Direktur PSKBSNA, Mira Riyati Kurniasih yang ikut dalam kegiatan gotong royong tersebut memberikan apresiasi kepada warga yang terlibat. Menurutnya, kegiatan gotong royong ini membuktikan bahwa kesetiakawanan sosial masyarakat masih sangat baik.

“Hari ini, kita bisa lihat bahwa masyarakat di sini masih sangat tinggi semangat gotong royongnya. Rasa kesetiakawanan di sini perlu kita berikan apresiasi. Nah, kita bisa lihat sekarang, hasil gotong royong tadi membuat pemukiman ini tampak lebih bersih, lebih rapi, dan berwarna. Ini yang harus kita jaga terus menerus,” ujar Mira dikutip dari Rilis Kemensos, Minggu (11/12).

Selain kegiatan mengecat rumah warga, program Keserasian Sosial di RW 04 Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara ini juga dibuatkan sebuah instalasi air bersih terpadu untuk warga setempat. Warga yang sebelumnya kesulitan mendapatkan air bersih, sekarang sudah mempunyai instalasi air bersih yang dapat digunakan sehari-hari.

Bahkan, yang menarik, peralatan instalasi air bersih yang diberikan oleh Kementerian Sosial ini mampu menghasilkan air dengan kualitas layak untuk diminum langsung tanpa perlu dimasak. Dalam satu hari, instalasi air bersih ini mampu menghasilkan air siap minum sebanyak 12.000 liter per hari.***/uli

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.