Connect with us

Kabar

RR: HR Community Lahir untuk Memajukan dan Meningkatkan SDM Indonesia 

Published

on

JAYAKARTA NEWS— HR community adalah sebuah komunitas atau perkumpulan dari para praktisi dan pemerhati HR (Human Resources) atau dikenal dengan SDM (Sumber Daya Manusia), berkolaborasi dengan sejumlah akademisi, profesional, seperti profesor, pengacara, hakim dan lainnya. Yang tentunya berkontribusi untuk dunia industri dan perusahaan, dengan visi memajukan dan me­­ningkatkan kualitas SDM Indonesia. 

HR merupakan divisi atau bagian yang sangat penting dari suatu perusahaan. Sebab peranan mereka sebagai penopang dari kesuksesan suatu perusahaan, yang tugasnya mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Jadi mengapa dikatakan HR memiliki peran penting di suatu perusahaan? Karena tanpa karyawan, sebuah perusahaan tidak dapat berjalan, maka salah satu tugas bagian dari HR adalah memastikan karyawan mendapatkan haknya dan puas dengan pekerjaannya.

Hal tersebut disampaikan RR Sasmaya Hati S.Psi, M.Psi, Senin (12/6) kepada awak media melalui jejaring WhatsApp nya.

Lalu RR Sasmaya Hati S.Psi, M.Psi, yang akrab dipanggil RR ini melanjutkan lagi, “Bahwa HR Community sendiri sebetulnya berdiri di Sumatera Utara (Sumut), maka HR Community Indonesia sama dengan HR Community Sumut. Jadi bukan setiap provinsi ada, hanya saja seluruh membernya ada dari berbagai propinsi di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali, Pekanbaru, Kalimantan dan lainnya. Pokoknya hampir di seluruh Indonesia ada,”.

Komunitas ini dibentuk atas inisiasi bersama dengan berkumpulnya para manajer HR atau HRD (Human Resource Development) atau pengembangan SDM, yang akhirnya berdirilah HR comunity. Dan para manajer HR ini rata-rata hampir semuanya dari perusahaan yang ada di wilayah Sumut, ada juga dari luar Sumut, seperti Pekanbaru, Surabaya, Bali, Yogyakarta dan sebagainya. 

Fungsi dan Tugas HR Community

HR Community bergerak atau fokus ke pengembangan dan pengelolaan SDM di Indonesia, kemudian bagaimana isu-isu terbaru tentang dunia SDM bisa dikembangkan. Dan itu nanti bisa kita sharing ke teman-teman yang memang belum mendapatkan info atau update terbaru seputar isu-isu HR atau tentang dunia kerja, tentang karyawan, kebijakan-kebijakan baru yang diterapkan pemerintah, ya itulah bidang yang di sharing dalam HR comunity ini.

“Kalau fungsi dan tugasnya memfasilitasi antara hubungan perusahaan dengan pemerintah di dunia kerja terutama tentang karyawan, tentang hal-hal yang mengenai dunia industri,” jelas RR, yang juga salah seorang bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Sumut dari Partai Perindo daerah pemilihan (dapil) 3.

Kemudian dilanjut Ibu dua orang anak ini, sebelum saya menjadi bacaleg, background saya sebagai seorang psikolog di bidang industri dan organisasi. Saya sendiri aktif sebagai seorang praktisi HR di perusahaan dan General Manager, kemudian saya juga dosen di Universitas Medan Area. Tapi saya tetap fokus di dunia HR atau sumber daya manusia. 

Pengurus HR Community Sumut

“Jadi kenapa saya terlibat atau ada di dalam kegiatan Jambore HR Comunity 2023 yang baru-baru ini diselenggarakan di Sibolangit, mulai 10 – 11 Juni?” 

Karena memang saya sejak tahun 2015 adalah pengurus dari HR Community. sejak Presiden HR Com­munity, Drs. Nafril dan jadi saya sudah lama menjadi pengurus hampir 3 periode HR Comunity. HR Community ini kan lahir di Sumut, jadi pemiliknya tetap HR Community Indonesia itu di Sumut. 

“Pengurusnya HR Community ini sudah tiga kali pergantian presiden, HR comunity sendiri berdiri di bulan Desember 2007. Dan pertama Presidennya pak Andi Dalimunthe, memang hanya sebentar, yaitu 1 tahun,” ujar RR, 

Kemudian lanjut ke presiden yang kedua sampai beberapa periode itu dari 2008 sampai dengan 2021 Presiden HR Community saat itu namanya Nafril, dan beliau sudah cukup lama, sehingga branding HR Community dulu terkenal dengan Nafril. 

Setelah itu terakhir pergantian pengurus lagi, terpilih sebagai Presiden yang baru, yaitu Anggiat Sihombing. 

Beliau juga seorang General Manager di HR PT Podomoro, Podomoro Land yang di Deli Park juga apartemen. 

Kemudian Sekjen yang terbaru, Tetty Doloksaribu, Head HR Manager di PT. VVF PMA India, kemudian Bendahara Daisy Yunia, beliau GM HR di sebuah Perusahaan Furniture Jepang, dan background nya rata rata selain sebagai seorang praktisi HR kadang beliau beliau ini juga rata rata memang masih aktif di perusahaan. 

“Dan rata-rata untuk pengurus HR comunity itu minimal S2 padahal itu kita tidak terapkan, tapi hampir semuanya di HR Community S2, bahkan ada yang doktor dan bahkan profesor. Oh, iya tadi saya belum sebutkan juga wakil Presiden atau Vice Presiden adalah pak Buchori Ibos,” ungkap RR. 

Setelah itu RR pun mengirimkan isi WhatsApp ungkapan mantan Presiden HR Community Nafril atas kegiatan Jambore HR Community, yang isinya sebagai berikut: 

Assalamuamualaikum / Selamat malam Sahabat HR Community Alhamdulillah berkat doa dan dukungan seluruh stake holder HR Community, kegiatan Jambore HR 2023 terlaksana  dan dihadiri lebih kurang 100 praktisi dan pemerhati HR yang datang dari beberapa daerah di Sumut dan juga Jakarta serta Surabaya.

Kegiatan yang merupakan kombinasi  dari kegiatan Seminar dan Outbound dengan menghadirkan 4 narasumber HR hebat, antara lain Cak Dwi, Mas Bima, Bang Kemal dan Mas Iman yang membahas HR in Society 5.0.

Dan telah ditandatangani juga Deklarasi Sibolangit-3 yang ditanda tangani oleh seluruh peserta Jambore HR Community 2023. Semoga kegiatan Jambore HR 2023 ini dapat menjadi inspirasi bagi para praktisi dan pemerhati HR untuk berperan lebih dalam menciptakan insan-insan Indonesia yang kompeten. Maju terus SDM Indoesia. (Monang Sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *