Rommy Fibri, Wartawan yang Jadi Ketua Lembaga Sensor Film

 Rommy Fibri, Wartawan yang Jadi Ketua Lembaga Sensor Film

Rommy Fibri Hardiyanto, Ketua LSF periode 2020-2024—foto instagram

JAYAKARTA NEWS— Rommy Fibri Hardiyanto terpilih sebagai Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) dan Wakil Ketua adalah Ervan Ismail. Rommy mendapat suara terbanyak dalam sidang pleno penentuan secara daring sesuai imbauan pemerintah yaitu physical distancing.

Sidang pleno tersebut diikuti 17 anggota LSF periode 2020-2024 yang hari itu juga dilantik oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim di Kemendikbud, Jakarta, baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Mendikbud menekankan agar LSF makin menajamkan wawasan dan cara pandang out of the box untuk mengimbangi perkembangan teknologi. “Film berkualitas bisa jadi media pendukung dan melengkapi pelaksanaan pembelajaran,” pesan Mendikbud.

Sedangkan Rommy Fibri berjanji akan membangun LSF yang independen. “Independen, akuntabel, kredibel dan profesional,” papar Rommy Fibri yang sarjana kedokteran gigi UGM yang berusia 48 tahun ini. Kedepannya, LSF akan lebih menguatkan proses sensor.

“Kita akan perhatikan masukan dari berbagai pihak untuk mengoptimalkan kinerja LSF. Film bioskop, film televisi dan iklan kita akan sensor sebelum beredar di masyarakat. Kita fokuskan pemilihan dan penilaian judul, tema, gambar, adegan, suara dan teks terjemahan sebuah film,” ungkap Rommy Fibri yang pernah bekerja sebagai wartawan majalah Tempo, produser eksekutif Liputan 6 SCTV, Pemred Tabloid Mingguan Prioritas, Direktur Harian Jurnal Nasional, produser TV Muhammadiyah, Sekjen Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).

Pernah mengajar bidang ‘Panduan Investigasi’ di The London School of Public Relation dan menulis beberapa buku. Tahun 2003, bergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) cabang Jakarta dan sebagai pengacara muda dalam Komite Pembela Kebebasan Pers (KPKP) dan mendirikan LBH Pers di Jakarta. Jabatan terakhir yang dipegangnya adalah anggota Komite bidang Hukum dan Advokasi di LSF tahun 2016-2020. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *