Ribuan Pegowes Ramaikan Peringatan Hari Jantung Sedunia dan HUT Emas IKA Unair

 Ribuan Pegowes Ramaikan Peringatan Hari Jantung Sedunia dan HUT Emas IKA Unair

Sebagian para pegowes yang melintas di salah satu jalan di Surabaya(foto: istimewa)

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS – Peringatan Hari Jantung Sedunia 2022 di Jawa Timur berlangsung istimewa.  Ribuan pegowes membaur di jalan raya termasuk Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan para dokter jantung di Jawa Timur dalam kegiatan Indonesia Heart Bike (IHB) 2022, Minggu (25/9).

Kegiatan tersebut, merupakan rangkaian Hari Jantung Dunia serta  dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-50 (Emas) Ikatan Alumni (IKA) Unair.

Mengambil start dari Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Gubernur Khofifah didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Sekdaprov Jatim) Adhy Karyono, Wakil Sekjen YJI Pusat Novi Ariwibowo dan segenap kepala OPD serta masyarakat bersepeda dengan menempuh rute sekitar 10 km.

Rute yang ditempuh mulai dari dari Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Sono Kembang – Jl. Karimun Jawa – Jl. Raya Gubeng – Jl. Sumatera – Jl. Stasiun Gubeng – Jl. Anggrek – Jl. Kusuma Bangsa – Jl. Ambengan – Jl. Ngemplak – Jl. Genteng Kali – Jl. Tunjungan dan kembali berakhir di Jl. Gubernur Suryo.

Secara khusus Gubernur Khofifah mengapresiasi gelaran IHB 2022 ini. Terlebih acara ini terselenggara atas sinergi antara Pemprov Jatim dengan  Ikatan Dokter Indonesia dan IKA Unair, Yayasan Jantung Indonesia bersama Departemen / KSM Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FK Unair – RSUD Dr Soetomo dan PERKI Cabang Surabaya.

Tak hanya itu juga sangat terasa manfaatnya lantaran juga diramaikan dengan rangkaian kegiatan seperti berbagi bahagia dan semangat bagi anak dengan penyakit Jantung Bawaan,,  pemeriksaan tensi, cek kesehatan, dan juga senam jantung hingga pasar murah.

“Saya  menyambut positif diselenggarakannya acara ini. Sinergi dan kolaborasi yang sangat baik untuk bersama-sama mencegah penyakit jantung, sekaligus menyosialisasikan hidup sehat,” sambutnya.

“Saya rasa ini bagian yang berseiring bagaimana kita senam kesegaran dan kesehatan  jasmani, ya segar ya sehat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Gubernur Khofifah menjelaskan segala jenis olahraga dan semua hal yang dapat membuat tubuh menjadi sehat pasti bernilai baik. Oleh karenanya ia menyambut baik gelaran IHB 2022 dan senam jantung kali ini.

“Apa saja yang bikin kita sehat saya rasa akan baik untuk kita semua,” sebutnya.

Tak hanya sehat, Gubernur perempuan pertama di Jatim ini mengatakan bahwa olahraga juga sumber kebahagiaan. Menurutnya dengan berolahraga orang akan mendapatkan dua manfaat sekaligus ya sehat yan bahagia.

“Jangan lupa salah satu sumber kebahagiaan itu olahraga, jadi bukan hanya bisa menjadikan sehat tapi juga bahagia,” tuturnya.

Terkait peringatan Hari Jantung Sedunia, Khofifah mengatakan, cara paling ideal untuk merefleksikan tentang masalah penyakit jantung yaitu dengan berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Dimulai dari pembuat kebijakan dan profesional kesehatan hingga seluruh lapisan masyarakat diundang untuk terlibat.

“Jadi, untuk merayakan Hari Jantung Sedunia dengan rutin melakukan skrining kesehatan jantung dan mengubah pola hidup kita menjadi lebih sehat,” jelas Khofifah.

Sementara itu, Wakil Sekjen YJI Pusat Novi Ariwibowo menyampaikan peringatan hari jantung dunia tahun ini bertajuk Indonesia Heart Bike 2022 yang berprinsip kolaboratif. Ia menyebut olahraga dan kesehatan adalah mata rantai yang tidak bisa dipisahkan.

IHB 2022 sendiri diselenggarakan juga sejalan dengan visi dan misi YJI yaitu sebagai pelopor gaya hidup sehat.

“Olah raga adalah cara terbaik yang manfaatnya tidak hanya mencegah penyakit jantung juga mampu mencegah beberapa resiko,” ucapnya.

Di sisi lain, Plt Rektor Unair Prof Bambang Sektiari mengatakan IHB 2022 menyampaikan terima kasih telah melibatkan Unair khususnya IKA Unair dalam rangka peringatan Hari Jantung Dunia. Ia memastikan para alumni Unair yang ada di berbagai daerah dan di luar negeri juga mengikuti acara ini secara virtual.

“Mudah-mudahan acara pagi ini bisa bermanfaat bagi kesehatan masyarakat Jawa Timur. Dan harapan kita bersama masyarakat Jawa Timur yang segera bangkit lebih kuat,” ucap Prof Bambang Sektiari.

Dalam kegiatan tersebut disiapkan berbagai doorprize menarik. Diantaranya 10 unit sepeda, peralatan elektronik (TV, Magic com, dll), voucher lab total Rp. 3 juta, voucher room hotel total Rp. 3 juta, Apple Ipad, dan akses 101 video, ebook senilai total Rp. 22 juta, dan sebagainya.(poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.