RIAT Peduli Insan Pers

 RIAT Peduli Insan Pers

SETELAH meresmikan Rumah Internet Atmanto (RIAT) setahun lalu, RIAT pun  melatih para penyandang tuna netra di Jakarta Selatan, serta memberi kemudahan para insan pers memanfaatkan RIAT melakukan kegiatan jurnalistik, diskusi seputar kemajuan teknologi informasi dan masalahnya.

RIAT yang menggandeng generasi muda tuna netra yang tergabung dalam Kartunet (Karya Tuna Netra), itu memang didirikan untuk memberdayakan  para penyandang disabilitas visual (tuna netra) agar mandiri dengan pemanfaatan teknologi khususnya internet.

‘’Kami peduli kepada kaum disabilitas, di samping itu kami peduli pada insan pers yang ingin meningkatkan keahliannya. Jadi, kami mendukung Jayakartanews.com,’’ ucap Ami Atmanto, desainer kebaya yang juga bersama putranya Faiz Atmanto mendirikan RIAT sebagai wujud nyata kepedulian keluarga mereka terhadap perkembangan teknologi informasi.
Kaum difabel ini tidak hanya dilatih menjalankan program komputer, tapi juga pelatihan marketing. “Targetnya, mereka nanti bisa mandiri, bias mencari uang, tanpa perlu keluar rumah,” ucap Faiz Atmanto, Pimpinan RIAT saat membuka Pelatihan Menulis Feature Jayakartanews.com di  RIAT, Jalan Pengadegan Utara, Cikoko, Jakarta Selatan 11-12 Maret lalu.

Menurut Amy, di rumah berukuran 400 meter persegi yang terdiri dari dua lantai itu nantinya lantai atas akan diisi kegiatan para blogger. “Mereka akan beraktivitas di sini dengan dukungan RIAT,” tutur Ami yang banyak melakukan kegiatan sosial ini.

Amy menjelaskan, gagasan membangun RIAT ini sejalan dengan misi suaminya, Indar Atmanto, yang juga pernah menerima penghargaan Presiden RI tahun 2010 atas pengabdiannya dalam mengembangkan layanan ‘’broadband internet’’ di Tanah Air, khususnya di bidang internet untuk memberdayakan masyarakat khususnya penyandang keterbatasan visual. Diharapkan, kegiatan RIAT ini dapat menjadi bagian dari Revolusi Digital yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *