Connect with us

Kabar

RI Siap Suplai Biodiesel ke China

Published

on

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan

MENTERI  Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Indonesia siap memenuhi kebutuhan biodiesel China, yang diperkirakan mencapai sembilan juta ton per tahun.

“Kami berharap bisa mendapatkan kesempatan memasok biodiesel ke sini,” kata Luhut, di Beijing, Kamis (15/6/2017) malam.

Sejauh ini biodiesel dari Indonesia belum bisa memasuki China, kata Luhut tanpa menyebutkan masalahnya. Merujuk dari data di Kemenko Kemaritiman, Indonesia memiliki persediaan sekitar 10 juta ton biodiesel yang belum terpakai.

Sampai saat ini China juga baru menggunakan biodiesel tidak lebih dari satu juta ton, yang di antaranya impor dari Malaysia. Minyak kelapa sawit (CPO) dari Indonesia yang masuk ke China, juga masih sangat terbatas.

“Kalau biodiesel bisa masuk ke sini, maka petani kelapa sawit pun kita bisa menikmati hasil panennya. China butuh, kami punya,” ujar Luhut menambahkan.

China telah meratifikasi Kesepakatan Paris tentang Perubahan Iklim. China bersama Amerika Serikat tercatat menghasilkan 45 persen emisi global sehingga membutuhkan pengurangan emisi karbon 60-65 persen per unit GDP hingga 2030.

Untuk merealisasikan pengurangan emisi karbon, negeri Tirai Bambu itu harus memanfaatkan energi berbasis nonfosil sekitar 20 persen dari keseluruhan konsumsi energi.

Dalam upaya pemanfaatan energi nonfosil itu, China memproyeksikan lima persen menggunakan bahan bakar biodiesel.

Terkait hal itu, Indonesia mengajukan beberapa tawaran, di antaranya perusahaan di Indonesia membangun pabrik pengolahan dan mengekspor kelapa sawit ke China. Kemudian minyak kelapa sawit tersebut diolah di beberapa pabrik pengolahan minyak kelapa sawit menjadi biodiesel di China.

Selain itu, perusahaan China melakukan investasi di pabrik pengolahan minyak kelapa sawit di Indonesia dan mengolahnya menjadi biodiesel untuk selanjutnya diekspor ke China.

Alternatif lain yang ditawarkan Kemenko Kemaritiman adalah mendirikan proyek bersama sejumlah perusahaan dari berbagai bidang industri untuk meningkatkan penggunaan biodiesel.

Dalam kunjungan kerjanya ke Beijing pada 15-17 Juni 2017, Luhut didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong serta sejumlah pengusaha dari Indonesia, termasuk beberapa direktur BUMN. Mereka bertemu beberapa pejabat setingkat menteri dan para pengusaha di China.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *