Connect with us

Kabar

Rayakan Asadha 2023, Ribuan Umat Buddha Jalan dari Mendut ke Borobudur

Published

on

MAGELANG, JAYAKARTA NEWS – Ribuan umat Buddha melakukan prosesi Puja atau jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur sambil melantunkan Parita Suci dalam rangka memperingati Hari Suci Asadha 2567 BE, Minggu (23/7/23) siang.

Prosesi ini diikuti oleh para bhikkhu, samanera, atthasilani, serta ribuan umat dari seluruh daerah di Indonesia dan manca negara seperti Amerika, Australia, Singapura, Thailand dan Malaysia.

“Peringatan Asadha mengingatkan kita akan nilai kemuliaan, kemanusiaan, toleransi, dan persatuan di antara umat manusia,” ujar Dirjen Bimas Buddha, Supriyadi yang juga mengikuti prosesi tersebut.

Dalam Puja, peserta mengantarkan Relik Guru Agung Buddha Gautama dari Candi Mendut sampai ke Candi Borobudur menggunakan Kereta Kencana Mahadhatu. Kereta kencana ini didesain langsung oleh Bhikkhu Sri Pannavaro Mahathera atau yang biasa dikenal Bhante Pannavaro.

Prosesi Puja ini merupakan rangkaian dari kegiatan Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) dan Asalha Mahapuja tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Sangha Theravada Indonesia (STI) bersama Atthasilani Theravada Indonesia (Astinda), Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi), Wanita Theravada Indonesia (Wandani) dan Pemuda Theravada Indonesia (Patria).***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *