Rahasia Panjang Umur Manusia Tertua di Dunia

 Rahasia Panjang Umur Manusia Tertua di Dunia

NAMANYA Masazo Nonaka. Warga Jepang yang lahir 112 tahun lalu ini, kini menjadi manusia tertua di dunia. Apa rahasia umur panjang? Gemar makan permen (yang manis-manis) dan mandi (berendam) di  air panas.

Pria kelahiran  25 Juli 1905, hanya beberapa bulan sebelum terori relatifitas khusus diungkapkan oleh  Albert Einstein,  resmi menerima sertifikat sebagai manusia tertua yang diberikan oleh  Guinness World Records. Penghargaan itu diserahkan  di rumahnya yang berada di kawasan utara Pulau Hokkaido,  Jepang.

Bagi Nonako, tidak kesulitan baginya untuk mendi air panas, karena keluarganya memiliki penginapan  pemandian air panas.

Memang, untuk bergerak, sekarang super kakek ini membutuhkan kursi roda. Tapi, untuk orang  dengan usia di atas 100 tahun, Nonaka terbilang sehat. “Dia dalam kondisi baik,” kata Yuko Nonaka, cucunya.

Jangan heran, salah satu rahasia umur panjang Nonako adalah mengkonsumsi permen baik produk Jepang maupun Eropa. Manisan pun juga dilahapnya. “Dia suka makan segala jenis permen,” kata cucunya.

Selain mandi air panas, Nonako juga masih “meng-update”berita dengan membaca koran setiap  hari.  “Dia membaca koran setiap hari dan sering berendam di pemandian air panas.”

Nonako  memiliki tujuh saudara laki-laki dan seorang saudara perempuan yang tinggal di dekat kota Ashoro di Hokkaido. Nonako menikahi  Hatsuno pada tahun 1931. Dari  pernikahan tersebut, Nonako  punya  lima anak.

Nonaka menyandang predikat  sebagai pria tertua di dunia, setelah Francisco Nunez Olivera yang berasal dari Spanyol, meninggal pada Februari lalu pada 113.

Pemerintah Jepang, mengungkapkan,  ada sekitar 68.000 orang berusia 100 atau lebih tua di negara itu. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *