Connect with us

Kabar

PWI Jatim Gelar Lomba Jurnalistik Piala Prapanca

Published

on

JAYAKARTA NEWS—–Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Timur kembali menggelar lomba karya jurnalistik memperebutkan Piala Prapanca dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional dan HUT Ke-75 PWI Tahun 2021.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim menjelaskan lomba jurnalistik Piala Prapanca merupakan bagian dari program organisasi dalam mendukung profesionalisme wartawan melalui kompetisi karya-karya jurnalistik yang berbobot.

“Lomba ini sudah digelar sejak pertengahan 1980-an dan secara berkelanjutan terus berlangsung hingga sekarang. Banyak wartawan-wartawan berbakat dan hebat di Jawa Timur yang menjadi bagian dari pemenang lomba Piala Prapanca ini,” kata Ainur Rohim dalam keterangannya, Senin (11/1/2021).

Khusus untuk penyelenggaraan lomba Piala Prapanca 2021, lanjut Ainur Rohim, PWI Jatim memutuskan hanya melombakan dua kategori, yakni karya jurnalistik tulis dan foto. Untuk karya jurnalistik televisi dan radio tahun ini ditiadakan.

Menurut Cak Air (sapaan akrab Ainur Rohim), keputusan meniadakan kategori karya jurnalistik televisi dan radio pada Piala Prapanca kali ini berdasarkan hasil evaluasi pengurus dari penyelenggaraan lomba beberapa tahun terakhir.

“Peserta lomba untuk kategori televisi dan radio cukup minim, jauh dari jumlah ideal peserta Piala Prapanca sehingga kurang kompetitif. Berbeda dengan kategori tulis dan foto yang pesertanya atau karya jurnalistik yang diikutkan lomba selalu banyak,” jelasnya.

Ditambahkannya, peserta lomba karya jurnalistik Piala Prapanca bisa mengirimkan karya terbaiknya yang pernah tayang atau terbit di media cetak atau daring (online) sepanjang 2020. Naskah lomba dikirimkan ke Sekretariat PWI Jatim di Jalan Taman Apsari Nomor 15-17 Surabaya paling lambat pada 2 Februari 2021.

“Setiap peserta bisa mengikutsertakan maksimal tiga karya tulis atau foto. Selain Piala Prapanca, panitia menyediakan hadiah uang jutaan rupiah untuk pemenang dan karya yang masuk nominasi terbaik,” tambah Cak Air.

Selain lomba Piala Prapanca, dalam peringatan HPN dan HUT Ke-75 PWI Tahun 2021, PWI Jatim mengadakan sejumlah kegiatan, antara lain PWI Jatim Award, bakti sosial penghijauan dan apresiasi untuk wartawan senior, seminar daring (webinar), uji kompetensi wartawan (UKW), dan Anugerah Olahraga Siwo (Sie Wartawan Olahraga) PWI Jatim.

“Seluruh kegiatan yang kami gelar tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan dilakukan pembatasan-pembatasan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah,” tegas Ainur Rohim. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *