Pusat Pengembangan Perfilman Gelar Nonton Bareng

 Pusat Pengembangan Perfilman  Gelar Nonton Bareng

 

PUSAT Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm)  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),  mengadakan ‘nobar’ atau ‘nonton bersama’ untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Rencananya,  pemutaran film Indonesia itu akan dilakukan di 34 provinsi, yang akan menampilkan sekitar 8 film nasional.

Film yang dipilih dalam rangkaian acara ini dianggap film yang mewakili nilai-nilai pendidikan karakter dan kedaerahan. Ada 5 lima nilai karakter yang dianggap termuat dalam film yang dipilih yakni integritas, cinta tanah air, kemandirian, gotong royong dan relijius.

Beberapa film yang terpilih untuk diantaranya; ‘Kartini’, ‘Batas: Antara Keinginan dan Kenyataan’, ‘Yo Wis Ben’, ‘Wage’, ‘Surau dan Silek’, ‘Dumba Dumba’, ‘Aisyah Biarkan Kami Bersaudara‘ dan ‘Cinta dari Wamena‘.

Beberapa provinsi dan kota yang menjadi tujuan acara ‘nobar’ Kemendikbud ini di antaranya Bandung, Bali, Malang, Yogyakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan hingga Jayapura. Kemendikbud menargetkan 34 provinsi akan memperoleh kesempatan acara ‘nobar’.

Menurut akun resmi twitter Pusbangfilm (@pusbangfilm), besok tanggal 7 Mei Nobar akan digelar di kota Lombok. Dua pertujukan yang akan disajikan, yakni film “Guru Ngaji” di XXI Epicentrum pada pukul 12.45 WITA dan film “Susah Sinyal” di Lombok City Center pada pukul 19.00 WITA di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

 

 

Selain pemutaran film akan diadakan pula kegiatan jumpa artis dan ‘ngobrol’ publik. Film ‘Dilan’ sempat direncanakan menjadi salah satu film yang akan diputar sebagai puncak rangkaian acara ‘nobar’. Namun entah mengapa, rencana ini urung dilaksanakan.

Tahun ini, bertemakan ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’ dan puncaknya dihelat fragmen ‘Berguru kepada Ki Hadjar Dewantara’ yang dimainkan karyawan dan karyawati serta pejabat dari Kemendikbud RI. Antara Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid dan Kapusbang Film Kemendikbud Maman Widjaya. Dua bintang tamu adalah Maudy Koesnaedy dan Olivia Zalianty. (ipik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *