“Puasa HP” Tiga Jam Saja

 “Puasa HP” Tiga Jam Saja

Jayakarta News – Jika tidak ingin menyesali perkembangan anak di kemudian hari, maka seluruh orang tua di Indonesia serta Dinas Pendidikan, harus melaksanakan “Gerakan 1821”. Program Sekolah  Pengasuhan Anak (PSPA) melalui seruan pers menginformasikan ihwal gerakan yang tengah dicanangkannya itu.

“Gerakan 1821” dirasa urgent, melihat kecenderungan negatif terhadap perilaku anak akhir-akhir ini. Akibat pengaruh handphone (HP), seorang anak bisa menjadi egois, susah dikendalikan, sudah diatur, serta efek negatif lain.

Cara melawannya adalah dengan “Gerakan 1821”. Gerakan ini adalah sebuah gerakan yang seyogianya diikuti oleh seluruh keluarga di Indonesia, untuk melakukan “puasa HP” antara pukul 18.00 sampai dengan 21.00. Hanya tiga jam.

Orang tua, para ayah-bunda, papa-mama, bapak-ibu, papi-mami, dan apa pun sebutannya, harus menyimpan HP selama tiga jam tersebut. Waktu itu kemudian digunakan utnuk dengan sepenuh hati dan perasaan, dicurahkan kepada putra-putrinya di rumah.

Dengan wktu tiga jam, orangtua cukup melakukan 3B, alias bermain, belajar, dan berdoa. Soal bermain, bisa bermain apa saja. Boleh permainan tradisional seperti petak umpet, tebak-tebakan, apa pun yang bernuansa permainan. Konotasi bermain, bagi anak yang menginjak remaja adalah bersenang-senang bersama, melalui berbagai cara dan kebiasaan positif keluarga.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menemani anak-anak belajar. Baik pelajaran umum, agama, maupun budi pekerti. Bisa juga membantu mengerjakan pekerjaan rumah (PR), belajar hal-hal baru, berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Dengan tiga jam, bisa sebagian disisihkan untuk berbicara atau mengajak ngobrol putra-putrinya. Ajak anak-anak bicara, dengan topik apa saja. Lebih utama membicarakan tentang anak-anak, pengalaman mereka, keinginan mereka, apa pun.

Kegiatan 3B bisa dilakukan sesuai jadwal yang dikehendaki. Tidak harus dibakukan, melainkan bisa dikombinasikan. Sesuaikan dengan keadaan dan keinginan anggota keluarga. Seruan itu kembali mengingatkan agar para orang tua mematikan HP antara pukul 18.00 sampai 21.00 setiap harinya. (*/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *