PSBI Batam Gelar “Baksos Covid-19”

 PSBI Batam Gelar “Baksos Covid-19”

Para pengurus PSBI wilayah Batam saat pemberian paket kepada keluarga PSBI terdampak Covid-19. (Foto: ist)

Jayakarta News – Pengurus PSBI (Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia) wilayah Batam, Minggu (26/4/2020) menyelenggarakan gerakan Bakti Sosial untuk para keluarga PSBI yang terdampak wabah virus corona (covid-19). Ide gerakan Bakti Sosial ini diprakarsai Pengurus PSBI Wilayah Batam, sesuai arahan Ketua Umum PSBI se-Indonesia, Drs. Effendi Muara Sakti Simbolon, M.IP, yang juga sebagai Anggota DPR RI.

Arahan diberikan saat teleconfrence dengan seluruh anggota PSBI se-Indonesia dalam rangka menghadapi penyebaran pandemi Covid-19. Diimbau seluruh anggota PSBI mentaati peraturan pemerintah. Selain itu supaya peduli kepada anggota yang terdampak. Hal tersebut disampaikan Wandy FM Simbolon, Ketua PSBI wilayah Batam melalui WhatsApp Wakil Ketua 1-nya Jhon Piter Simbolon SH, Senin (27/4/2020).

Sebelum mengadakan bakti sosial pembagian paket sembako ini, terlebih dahulu berkordinasi dengan 10 ketua sektor untuk mendata warga masing-masing yang terdampak Covid-19. Setelah pendataan, pengurus PSBI wilayah Batam dibantu pemuda (Naposo) membagikan atau mendistribusikan ke masing-masing sektor yang terdata.

Bakti sosial ini bertujuan membantu keluarga PSBI yang terdampak Covid-19.  Di antaranya, mengalami kesulitan dalam hal ekonomi misalnya di-PHK oleh perusahaan, kemudian usaha yang mengalami kerugian dan lainnya. Sedangkan dampak itu semakin hari semakin dirasakan.

“Oleh karena itu kami pengurus dan anggota merasa terpanggil untuk membantu, paling tidak meringankan beban keluarga,” kata Ketua PSBI Wilayah Batam.

Paket bantuan yang telah diberikan tahap pertama ini ada 100 paket, berupa beras 10 kg, gula pasir 2 kg, Indomie 2 kotak, sabun mandi, odol, dan roti kering. Bantuan diantar ke rumah masing-masing.

“Sumber donasi berasal dari anggota pungguan PSBI secara sukarela. Jadi dari kita untuk kita. Kita rencanakan tahap kedua baksos di waktu yang berbeda,” jelas Ketua Wendy Simbolon.

Para pengurus dibantu Naposo (pemuda) saat menyiapkan paket sembako di mobil operasional PSBI wilayah Batam. (Foto: Ist)
Panitia pengurus PSBI saat menyerahkan paket di salah satu rumah keluarga PSBI wilayah Batam. (Fot:. Ist)

Tentang PSBI

PSBI wilayah Batam terbentuk 7 Juli 2007. Tujuan dari punguan ini adalah mempererat hubungan dalam keluarga menuju persatuan bangsa. PSBI sudah terdaftar di Kesbangpol Pemerintah Kota (Pemko) Batam, dan setiap kegiatan Pemko Batam yang berkaitan dengan organisasi kemasyarakatan selalu melibatkan PSBI wilayah Batam.

PSBI wilayah Batam beranggotakan lebih kurang 500 Kepala Keluarga (KK), terdiri dari berbagai profesi, ada yang wirausaha, Polri, TNI, karyawan dan sebagainya. PSBI wilayah Batam juga telah melakukan beberapa kegiatan, antara lain bekerjasama dengan BNN Kota Batam dalam rangka sosialisasi pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Hotel Golden View Batam. Kegiatan ini diikuti oleh 120 orang pemuda dan anak-anak.

Kemudian, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kesehatan Kota Batam melakukan sosialisasi pendidikan dan kesehatan. Kerjasama juga digalang bersama Polresta Barelang dan Kodim Kota Batam dalam program Bela Negara dan Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di kesempatan terpisah, melakukan Bakti Sosial oleh Ibu-ibu PSBI ke Panti Asuhan Tanjung Piayu, kemudian baksos pemuda PSBI ke Panti Asuhan Barelang, serta baksos kepada keluarga PSBI yang terdampak akibat wabah Covid-19.

Kepengurusan PSBI wilayah Batam yang mengadakan kegiatan Bakti Sosial ini adalah kepengurusan periode 2017-2022 yang diketuai Wandy FM Simbolon, wakil Ketua 1 Jhon Piter Simbolon SH, wakil Ketua 2 Herman Josep Simbolon SH, Sekretaris Rinto Simbolon, dan Bendahara Mulana Simbolon. (Monang Sitohang)

Sekretariat PSBI wilayah Batam, Imperium Blok A, Batam Centre. (Foto: Ist)
Pengurus PSBI wilayah Batam, periode 2017-2020, Ketua Wandy FM Simbolon (tengah), wakil Ketua 1 Jhon Piter Simbolon SH (kanan) dan wakil Ketua 2 Herman Josep Simbolon SH (kiri). (Foto: Ist)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *