Prototipe Pesawat Supersonic Boom, Siap Test Flight 2018

 Prototipe Pesawat Supersonic Boom, Siap Test Flight 2018

 

[REUTERS]

MIMPI  tentang pesawat penumpang supersonik seolah pungkas, setelah berakhirnya era Concorde pada tahun 2003. Tapi 50 tahun setelah penerbangan perdananya, penerus Concorde yang layak  bisa menjadi kenyataan. Inilah visi Boom Supersonic – sebuah jet penumpang yang bisa melaju dengan kecepatan hingga 1.451 mil per jam.

Blake Scholl, Founder dan Ceo Boom Supersonic,mengatakan,  “Apa yang sedang kita lakukan pada pesawat  Boom  adalah membangun pesawat supersonik generasi baru; berpikir  tentang Concorde namun secara dramatis ini lebih terjangkau dan sebenarnya sedikit lebih cepat juga, seperti menempuh New York ke London hanya butuh waktu tiga jam lima belas menit saja.”

Berbicara di Paris Air Show, pengembang pesawat ini mengelontorkan lebih dari 40 juta dolar untuk membiayai prototip, Baby Boom yang diberi nama XB-1.

Blake Scholl mengatakan, “Itu prototipe skala ketiga kami untuk produksi pesawat penumpang. Ini akan menerbangkan kita dengan kecepatan Mach 2.2, jadi sepuluh persen lebih cepat dari Concorde atau 1.451 mil per jam.  Kami mulai melakukan perakitan pada akhir tahun ini dan akan mulai penerbangan menjelang akhir tahun depan. ”

Menurutnya, ini  merupakan fitur aerodinamika yang canggih, dengan menggunakan bahan ringan yang dapat menahan penerbangan supersonik, dan sistem propulsi ultra-efisien. Boom hanya memiliki 35 anggota staf saat ini, namun dia mengatakan bahwa perusahaan seperti SpaceX Elon Musk membuktikan bahwa perusahaan baru dapat bersaing dengan Boeing dan Airbus.

“Ada banyak inspirasi dari apa yang ada di roket dimana Anda memiliki contoh sebelumnya  di Space-X yang melakukan beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh pemain besar. Mereka melakukan untuk efisiensi pembiayaan dari apa yang bisa mereka lakukan untuk roket, dan saya pikir sudah saatnya pemain baru seperti itu di ruang persaingan industri pesawat terbang, sesuatu yang akan menghasilkan pesawat yang lebih baik, lebih efisien daripada pemain besar sebelumnya yang bisa mereka melakukannya. ”

Boom mengakui bahwa membangun jet penumpang berukuran penuh memerlukan investasi besar. XB-1 dijadwalkan melakukan penerbangan perdananya pada akhir 2018. Jika semua berjalan sesuai rencana, mereka berharap investor akan segera masuk ke pesawat ini.(Reuters)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *