“Pria Impoten” Raih Aktor Terbaik di FFI 2022

 “Pria Impoten” Raih Aktor Terbaik di FFI 2022

Marthino Lio (kiri), aktor utama terbaik FFI 2022. ( foto Yan ).

JAYAKARTA NEWS – Gara-gara memerankan pria impoten di film ‘Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas’ (SDRHDT) karya sutradara Edwin, Rafael Giulliano Marthino Lio meraih piala Citra kategori aktor utama terbaik dalam perhelatan FFI 2022 di Jakarta. “Gue enggak menyangka. Alhamdullilah banget,” lontar Marthino Lio usai menerima penghargaan didampingi isterinya.

“Arti piala Citra adalah bentuk apresiasi. Gue menghargai ini. Ada beban lepas,” beber Marthino Lio. Mantan penyanyi latar Melly Goeslaw ini berharap aktingnya bisa lebih baik lagi.

“Gue bekerja buat keluarga, perform, deliver cerita, skenario,” imbuh Marthino Lio. Dalam film SDRHDT yang diangkat dari novel karya Eka Kurniawan ini, Marthino Lio didapuk menjadi sosok Ajo Kawir, jawara yang enggak takut mati.

Ajo Kawir berhasrat besar bertarung sebagai pejantan tangguh didukung rahasianya yang gelap yaitu ‘burungnya enggak bisa berdiri’ jika berhadapan dengan lawan jenis. Marthino Lio mengungkapkan ingin mencoba berperan dalam berbagai profesi, baik protagonis maupun antagonis. Di kubu aktris utama wanita, pemenangnya adalah Ladya Cheryl sebagai Iteung dalam SDRHDT.

Malam itu Ladya Cheryl tak hadir dan diwakilkan saudaranya. Sama halnya di kategori sutradara terbaik, Edwin jufa tak hadir. Edwin berhasil mengungguli lawan-lawannya lewat tangan dinginnya menggarap film SDRHDT. Sedangkan Slamet Rahardjo Djarot untuk kesekian kalinya dinobatkan sebagai aktor pendamping terbaik lewat aktingnya yang menawan di film ‘Cinta Pertama, Kedua dan Ketiga.

Dan Putri Marino keluar sebagai aktris pendamping terbaik’ melalui seni perannya di film ‘Losmen Bu Broto’. Siapakah ‘gong’ FFI 2022 sebagai film panjang terbaik ? Tak salah lagi, film ‘Before Now and Then’ (Nana) ditahbiskan sebagai film panjang terbaik tahun ini.

“Film ini aku persembahkan untuk leluhurku di Tanah Sunda. Terima kasih,” ucap sutradaranya, Kamila Andini optimistis. FFI 2022 yang dihelat di Plenary Hall, JCC, Jakarta, dihadiri tiga Menteri, yaitu Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkeu Sri Mulyani. Mengusung tema ‘Perempuan, Citra Karya Karsa’, tahun ini ‘Lebarannya insan film’ ini dipenuhi wajah-wajah baru di industri perfilman dan kaum wanita yang mengenakan kain kebaya dan tenun ikat. (pik)

Kamila Andini, Happy Salma dan wanita-wanita lain dalam film ‘Nana’. ( foto Nazira )

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.