Connect with us

Kabar

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan Presiden Tanzania di Istana Bogor

Published

on

Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 25 Januari 2024. Foto: BPMI Setpres/Kris

JAYAKARTA NEWS – Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan kenegaraan Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, 25 Januari 2024. Ini merupakan kunjungan perdana Presiden Samia ke Indonesia, sekaligus kunjungan balasan usai Presiden Jokowi mengunjungi Tanzania pada 22 Agustus 2023 lalu.

Iring-iringan kendaraan Presiden Samia tiba di pintu gerbang Istana Bogor sekitar pukul 10.30 WIB dengan diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Presiden Jokowi kemudian menyambut Presiden Samia saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Menariknya, dalam upacara penyambutan kali ini ada hal baru yang ditampilkan, yakni parade pasukan kehormatan. Parade pasukan TNI dari tiga matra tersebut melintas di hadapan kedua Presiden sambil memberikan penghormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Duta Besar Indonesia untuk Tanzania Tri Yogo Jatmiko, dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Sementara itu, delegasi Tanzania yang hadir mendampingi Presiden Samia yakni Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Afrika Timur January Makamba, Menteri Urusan Kenegaraan, Perencanaan, dan Investasi Prof. Kitila Mkumbo, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Persatuan Tanzania untuk Republik Indonesia Machoca Tembele, Sekretaris Pribadi Presiden Waziri Rajab Salumi, Asisten Pribadi Presiden Maulida Hassan, Direktur Biro Komunikasi Istana Kepresidenan Zuhura Muro, dan Plt. Direktur Asia dan Australasia, Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Afrika Timur Salvator Mbilinyi.

Setelah memperkenalkan masing-masing delegasi, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Samia untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, keduanya menuju veranda belakang Istana Bogor untuk kemudian berbincang sejenak.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Samia melakukan penanaman pohon perdamaian (Barringtonia asiatica) bersama di halaman belakang Istana Bogor. Keduanya juga tampak menyiram pohon secara bersama-sama setelah ditanam.

Kedua pemimpin kemudian mengadakan pertemuan bilateral di Ruang Oval. Dalam sambutan pembukanya, Presiden Jokowi menyebut bahwa kunjungan Presiden Samia merupakan wujud makin kuatnya hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Jokowi juga mengharapkan partisipasi dan dukungan Tanzania dalam Indonesia-Africa Forum II untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan, khususnya dalam bidang ekonomi. Selain itu, kedua pemimpin juga sepakat untuk memperluas kerja sama di berbagai bidang dalam konteks bilateral.

“Hari ini kita juga akan memperluas kerja sama di berbagai bidang, dan saya yakin ini akan memberikan manfaat bagi rakyat kedua negara, Tanzania dan Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Presiden Samia mengucapkan terima kasih atas undangan Presiden Jokowi untuk mengunjungi Indonesia, beberapa bulan setelah kunjungan Presiden Jokowi ke Tanzania. Ia juga berterima kasih atas sambutan hangat Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia.

“Kunjungan ini akan saya manfaatkan untuk meningkatkan kerja sama dan kolaborasi antara dua negara cantik kita,” ungkap Presiden Samia.

Selepas itu, kedua pemimpin negara melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang resmi oleh kedua pemimpin negara di Ruang Garuda.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *