Pos Indonesia dan Lion Express Jalin Kerja Sama

 Pos Indonesia dan Lion Express Jalin Kerja Sama

PT Pos Indonesia (Persero) dan Lion Express (Lion Group) menjalin kerja sama strategis dalam pengembangan layanan perusahaan di bidang logistik. Penandatanganan MoU dilakukan Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi W Setijono dan Direktur Utama Lion Express Farian Kirana di Gedung Kantor Pos, Jakarta, Senin (11/12) kemarin.

Atas kerja sama tersebut, PT Pos Indonesia akan mendapatkan alokasi ruang kargo, tarif pesawat Lion Air Group dan Lion Express dengan kuantitas barang, lokasi, serta rute yang disepakati. Sebagai imbal balik, Lion Express akan mendapatkan harga khusus untuk pengantaran daerah terpencil, tempat sebaran Pos Indonesia berada, serta memanfaatkan ruangan di kantor pos untuk pengiriman produk UKM.

PT Pos Indonesia Gilarsi W Setijono mengemukakan, dengan rute penerbangan Lion Grup yang merata di seluruh Indonesia dan merambah ke negara-negara ASEAN, China, serta Timur Tengah, maka Pos siap melakukan sinergi dengan mengirimkan paket ke seluruh Indonesia.

“Kerja sama ini adalah kolaborasi dan sinergi yang luar biasa. Kami menunggu paket-paket UKM Lion Express dari seluruh penerbangannya, biarkan kami yang mengirimkan. Tentunya masyarakat akan mendapatkan manfaat dari kerja sama ini,” ujar Gilarsi, dalam keterangan tertulis.

Dia menjelaskan kerja sama ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi masing-masing perusahaan. Pos Indonesia unggul dalam jasa dan giro dengan jaringan kantor pelayanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara Lion Express adalah perusahaan jasa dan dokumen dengan menggunakan jaringan angkutan udara berjadwal Lion Air Group.

Sebagai perusahaan BUMN kerja sama ini juga untuk mendukung program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan, khususnya di sektor jasa pos dan giro untuk masyarakat di seluruh dan luar wilayah Indonesia.

“Kami tidak menutupi sebelum menggandeng Lion Express, kami lebih dahulu melakukan sinergi antar-BUMN dengan PT Garuda Indonesia. Jika rute dan harga yang sama tentunya kami lebih mendahulukan Garuda. Kami juga dituntut untuk memberikan kuantitas dan kualitas yang lebih baik, dengan jaringan Lion Group yang ada di 30 bandara di Indonesia, tentunya hal ini pula akan kami prioritaskan,” jelas Gilarsi.

Sementara itu, Direktur Utama Lion Express, Farian Kirana mengatakan pihaknya sangat bangga bisa bekerja sama dengan perusahaan jasa kurir tertua dengan kantor layanan tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini mengacu dengan umur perusahaan Lion Group baru berusia 17 tahun, Lion Parcel menginjak empat tahun, sedangkan Pos Indonesia sudah berusia 271 tahun.

“Dengan menggunakan kelebihan masing-masing, kami terbang ke bandara-bandara terpencil dan Pos menjangkau sampai tingkat desa-desa. Prinsipnya, kita bergabung untuk memberikan pelanggan sesuatu produk paket lebih ekonomis dan menjangkau semuanya. Kami mendapatkan network sementara Pos akan mendapatkan speed dan harga,” jelas Frian. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *