Connect with us

Kabar

Polri Siapkan Rekayasa Lalin Jika Terjadi Kepadatan Selama Libur Idul Adha

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Pemerintah resmi memutuskan libur Hari Raya Idul Adha 2023 selama 3 hari. Di mana libur Nasional yang jatuh pada Kamis 29 Juni 2023, dan cuti bersama pada Rabu 28 Juni 2023 dan Jumat 30 Juni 2023.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen. Pol. Drs. Aan Suhanan, M.Si., menerangkan bahwa dengan adanya libur bersama dan cuti bersama di Idul Adha 2023 diprediksi akan adanya peningkatan arus, baik mengarah ke Barat (Sumatera), ke Timur (Jawa) dan ke Selatan (Bogor maupun Bandung).

“Sesuai prediksi Jasa Marga, Kementerian Perhubungan ini ada peningkatan, dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk rekayasa lalu lintas di Jakarta Cikampek sendiri, apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas Contra Flow satu lajur, dua lajur,” ungkap Brigjen. Pol. Aan Suhanan dikutip dari Laman Resmi Polri, Rabu (28/6/23).

Selain memperlancar arus yang melintas di tol, jalur arteri juga akan dilakukan pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas, yang sudah berjalan sejak (27/6/23), dengan waktu yang sudah ditentukan.

Guna mencegah kepadatan yang mengarah ke tempat wisata petugas Kepolisian juga sudah melakukan rapat Koordinasi dengan beberapa stakeholder dan jajaran untuk mengantisipasi jalur-jalur wisata baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa.

Dari pantauan CCTV di NTMC Polri dan Jasa Marga mulai terjadi peningkatan arus sejak pukul 06.00 WIB yang memasuki antrian di jalur MBZ namun masih dalam kategori ramai lancar.

Brigjen Pol Aan Suhanan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan di libur cuti bersama ini untuk mempersiapakan kondisi tubuh yang fit serta pastikan kendaraan dalam keadaan yang aman.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *