Polri Dipuji, Indonesia Peringkat 9 Negara dengan Indeks Hukum dan Ketertiban Tinggi

 Polri Dipuji, Indonesia Peringkat 9 Negara dengan Indeks Hukum dan Ketertiban Tinggi
Upacara dan syukuran Hari Bhayangkara ke 73 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (10/7/2019)–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Gallup’s Law and Order Report 2018 menempatkan Indonesia dalam sepuluh besar negara dunia dengan Indeks Hukum dan Ketertiban Tertinggi. Indonesia berada di peringkat ke-9 dengan skor 89. Suatu prestasi yang luar biasa. Prestasi tersebut tercapai berkat kontribusi Polri dan para penegak hukum lainnya.

Hal tersebut diungkap Ketua DPR Bambang Soesatyo usai menghadiri Upacara dan Syukuran Hari Bhayangkara ke-73, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (10/07/19).

Dalam upacara yang dihadiri 4.000 personel gabungan Polri tersebut, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir pula sejumlah personel TNI sebagai wujud sinergitas TNI-Polri.

Presiden Joko Widodo pada Hari Bhayangkara ke 73 di Monas, Rabu (10/7/2019)—foto istimewa

Turut hadir dalam acara tersebut para tokoh bangsa di antaranya;  Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriah Wahid, Wakil Presiden terpilih 2019-2024 KH Ma’ruf Amin, Ketua KPU Arief Budiman serta Wakil Ketua KPK Laode M Syarif.

Ketua DPR Bambang Soesatyo seusai acara Hari Bhayangkara ke 73 di Monas, Jakarta, Rabu (10/7/2019)— foto istimewa

Menurut Bambang, apresiasi terhadap Polri tidak hanya datang dari lembaga survei internasional. Melainkan juga dari dalam negeri. “Survei Markplus Insight 2019 melaporkan, indeks kepercayaan publik terhadap Polri kini cukup tinggi. Sebagian besar Polres dan Polda, khususnya di luar Pulau Jawa, memperoleh indeks kepuasan dan kepercayaan di atas 90 persen. Sebuah capaian yang patut diacungi jempol,” tutur Bambang yang juga Kepala Badan Bela Negara FKPPI, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima redaksi.

Karenanya tak berlebihan kalau Bamsoet, begitu dia akrab disapa,  mengajak masyarakat memberikan apresiasi besar kepada Jenderal Tito Karnavian sebagai pemimpin tertinggi Polri yang telah membuat banyak gebrakan. Melalui visi PROMOTER (Profesional, Modern, Terpercaya), Polri semakin menunjukan jati dirinya sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

“Dari segi kehumasan dan manajemen komunikasi, Polri semakin komunikatif dan informatif. Tak jarang menggunakan media sosial maupun video edukatif kekinian untuk mensosialisasikan agar masyarakat sadar hukum. Memang masih ada yang perlu diperbaiki disana-sini, namun itu tak melepaskan apresiasi kita terhadap kerja keras Polri dalam membenahi diri. Terpenting, Polri tak boleh berpuas diri. Terus lakukan pembenahan,” tegas Bamsoet.

Tak hanya dalam penegakan hukum, Bendahara Umum DPP Partai Golkar 2014-2019 ini menilai kontribusi Polri dalam menjaga ketertiban masyarakat juga semakin meningkat. Bisa dilihat dari semakin profesionalnya Polri menangani demonstrasi masyarakat, maupun menghalau potensi tawuran warga dan kerusuhan sosial lainnya.

“Selain stabilitas politik, penegakan hukum dan ketertiban masyarakat merupakan dua hal yang menjadi tolak ukur bagi para investor maupun turis datang ke Indonesia. Peran Polri, didukung sinergi dengan TNI, telah membuat Indonesia semakin kondusif, aman dan nyaman,” pungkas Bamsoet.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *