Plt. Ketum DPP PSRBBI Lantik 3 DPW dan 7 DPD Baru di Tolping

 Plt. Ketum DPP PSRBBI Lantik 3 DPW dan 7 DPD Baru di Tolping
Foto bersama usai pelantikan organisasi DPW dan DPD PSRBBI. Foto: Martua Silalahi

LAGU kebangsaan Indonesia Raya terdengar dikumandangkan oleh sejumlah keturunan Silalahi Raja boru bere yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air. Mereka berkumpul bersamaaan acara Ziarah Akbar Silalahi Raja (ZASR) 2017 di Hotel Sanggam Tolping, Kabupaten Samosir, Sabtu 2 Desember 2017.

Lagu kebangsaan itu menandai  berlangsungnya acara pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) untuk tingkat Provinsi, dan Dewan pengurus Daerah (DPD) untuk Kabupaten Kota PSRBBI. Pelantikan DPW dan DPD tesebut dilakukan oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum (Plt. Ketum) Dewan Pengurus Pusat Parsadaan Silalahi Raja –  Siraja Tolping, Bursok Raja dan Raja Bungabunga –  Boru Bere Se-Indonesia  (DPP PSRBBI) St. Ir. Elfrans Golkari Silalahi dan sejumlah tokoh dari organisasi itu.

Acara didahului pembacaan Surat Keputusan oleh Sindak Silalahi kemudian pembacaan naskah pelantikan oleh Plt. Ketum DPP.PSRBBI dilanjutkan memakaikan seragam berupa Jas Organisasi PSRRBBI oleh Justin Silalahi (Op. Suan)  sebagai sesepuh PSRBBI kepada pengurus DPW dan DPD yang baru dilantik.

Pelantikan disaksikan tokoh dan pendiri PSRBBI C. Silalahi (Op. Lolo) dari Tolping, Ir Viktor Silalahi (A. Gloria) dari Parapat-Ajibata, dan P.L. Silalahi (Op. Frits) dari Brebes, Dr. Charles Silalahi M.Kes.S, PA ketua PSRBBI DPW Jabar 1. Tampak juga Choky Silalahi, Thomson Silalahi sebagai generasi muda dari Bandung dan Jakarta. Selain itu hadir juga dari Keturunan Silalahi Raja yang bersasal dari  Jakarta, Bekasi, Pematang Siantar, Medan, Jakarta, Jawa Tengah dan lain lain.

Kepengurusan DPW dan DPD PSRBBI yang dilantik itu adalah,

  • Marolop Silalahi, ketua DPW PSRBBI Provinsi Kalimantan Timur,
  • Bahrum Silalahi,  ketua DPW PSRBBI Provinsi Kalimantan Barat,
  • St.Kardinan Silalahi, ketua DPW PSRBBI Provinsi Papua,
  • Patar Silalahi, ketua DPD PSRBBI Kabupaten Toba Samosir (Tobasa),
  • St.E.T.Silalahi, ketua DPD PSRBBI Kabupaten Simalungun,
  • Hendra Julianto Silalahi, Ketua DPD PSRBBI Kota Sibolga,
  • Olinton Silalahi, ketua DPD PSRBBI Kota Bontang,
  • Mustar Silalahi, ketua DPD PSRBBI Kota Balikpapan,
  • Nasan Silalahi, ketua DPD PSRBBI Kota Samarinda,
  • Nasib Silalahi, ketua DPD PSRBBI Kota Tebing Tinggi.

Kepada pengurus 3 DPW dan 7 DPD yang dilantik, St. Ir. Elfrans G. Silalahi meminta agar bekerja dengan gigih mempersatukan keturunan Silalahi Raja boru bere di tempat masing masing. Hal itu sesuai maksud dan tujuan pembentukan PSRBBI yaitu mempesatukan seluruh keturunan Silalahi Raja di Indonesia.

“Organisasi PSRBBI ini sebagai wadah yang berkesinambungan untuk bersatu demi kemajuan keturunan Silalahi Raja boru bere, dan bersinergi membantu negara dalam pembangunan terutama dalam di bidang budaya,“ ujarnya.

Ia mengharap, semakin banyak daerah yang bergabung, semakin banyak hal kebaikan yang dapat dilakukan bagi Silalahi Raja dan bangsa ini. Bagi yang belum bergabung menjadi DPW dan DPD, Plt. Ketum ini mengatakan itu adalah hak masing-masing kelompok maupun pribadi. DPP PSRBBI menghormati, namun di balik itu dia meminta jangan ada oknum perorangan atau kelompok yang menghalangi keinginan baik dari Keturunan Silalahi Raja Boru bere yang ingin membentuk DPW atau DPD. “Itu tidak boleh dan tidak etis” tegas Lulusan UI Fakultas Tehnik Metalurgi tahun 1995 ini.

Sebagai organisasi yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dia juga mengingatkan bahwa kepengurusan DPW dan DPD yang sudah dilantik supaya berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan mendaftarkan kepada Kantor Kesbangpolinmas melalui surat resmi.

Menurut Elfrans DPP PSRBBI akan terus melakukan sosialisasi agar pembentukan pengurus wilayah semakin luas dan menjadikan PSRBBI milik bangsa secara khususnya kebanggaan keturunan Silalahi Raja boru dan bere tanpa memandang status dan kedudukan sosial. Di samping, menjadi wadah bagi seluruh keturunan Silalahi Raja yang terdiri dari Siraja Tolping, Bursok Raja dan Raja Bungabunga.

St. Kardiman Silalahi yang bermukim di Nabire menyatakan kegembiraannya atas pelantikan dirinya sebagai Ketua DPW PSRBBI Papua. Ia berjanji akan menyatukan seluruh keluarga keturunan Silalahi di Papua “Walaupun kami tidak banyak di Papua tapi kami akan membuat acara pertemuan secara rutin,” katanya.

Hal senada dikemukakan St. ET. Silalahi ketua DPD Kab Simalungun, merasa bangga dengan kehadiran organisasi PSRBBI di daerahnya. Organisasi ini akan menjadi wadah bagi keturunan Silalahi raja boru bere, dalam mengembangkan SDM dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

PSRBBI merupakan organisasi kemasyarakatan yang berbasis budaya berdiri sejak tanggal 16 November 2014. Didirikan atas dukungan, prakarsa dan surat mandat dari Tokoh Silalahi Raja dari 9 daerah yaitu Siantar Simalungun, Medan, Batam, Bengkulu, Kalimantan, Bontang, Jambi, Pekanbaru, Parapat/Ajibata yang berkumpul di Jakata pada 7 Juli 2012.

PSRBBI sudah diresmikan Kementerian Hukum dan HAM RI dengan S.K. No. AHU-0000074.AH.01.07.TAHUN 2015 Tentang Badan Hukum Perkumpulan Parsadaan Silalahi Raja Siraja Tolping Bursok Raja Raja Bungabunga Anak Boru Bere Se-Indonesia, tertanggal 23 Januari 2015. Jumlah kepengurusan hingga saat ini adalah 5 DPW dan 8 DPD. Musyawarah Nasional PSRBBI akan diadakan bulan Juni 2018 di Jakarta. ***

KETERANGAN FOTO:

Kanan ke kiri (duduk) :  Nasan Silalahi (Samarinda). Mustar Silalahi (Balikpapan), St. Kardiman Silalahi (Nabire-Papua), St.Ir.Elfrans Silalahi (Plt.Ketum DPP.PSRBBI), Justin Silalahi /Op.Suan (Penasehat), Tagor P.Silalahi (Jakarta),  C.Silalahi/Op.Lolo (Tolping),  Dr.Charles Silalahi M.Kes.S.PA. (Jabar 1).

Kanan ke kiri (berdiri) : Sindak Silalahi (Bekasi) Sony Silalahi (Jakarta), St.E.T.Silalahi (Simalungun), Nasib Silalahi (Tebing Tinggi,Sumut), Olinton Silalahi (Bontang), Marolop Silalahi (Kaltim), Bahrum Silalahi (Kalbar), PL.Silalahi /Op.Frits (Brebes), Patar Silalahi (Balige,Tobasa), F.Silalahi/Op.Tabita (Brebes),  Ir. Viktor Silalahi  (Parapat/Ajibata).

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *