Connect with us

Kabar

Pj. Sekda Bobby Berangkatkan Mudik Gratis Moda Kapal Laut Rute Jangkar-Raas

Published

on

Pj Sekda Jatim Bobby saat berbincang dengan awak KMP Wicitra Dharma 1 (foto: istimewa)

SITUBONDO, JAYAKARTA NEWS – Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono memberangkatkan mudik gratis moda kapal laut KMP Wicitra Dharma I dengan rute Pelabuhan Jangkar – Pulau Raas Kabupaten Sumenep pada Selasa (2/4).

Mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim dilakukan sebagai wujud kepedulian dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat Jatim, khususnya masyarakat kepulauan.

“Secara perdana hari ini kami memberangkatkan mudik gratis moda laut KMP Wicitra Dharma I dari pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan kapasitas angkut 250 orang dan 150 kendaraan roda dua dalam satu kali perjalanan,” kata Bobby.

Dia mengatakan, mudik gratis jalur laut yang diselenggarakan Pemprov Jatim dilaksanakan mulai tanggal 2-20 April 2024 dengan total penyelenggaraan 14 trip keberangkatan dengan 7 kali perjalanan pergi-pulang.

“Kalau di total rangkaian mudik gratis kapal laut rute pelabuhan Jangkar-Raas mengangkut 2.100 motor roda dua. Sedangkan jumlah total seat yang disediakan mencapai 3.500 penumpang,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh warga masyarakat yang mudik ke Pulau Raas atau dari Raas ke Jawa untuk mengikuti program Mudik Bareng Gratis Pemprov Jatim bertema Mudik Ceria. Selain gratis juga lebih aman.

“Karena kita menggunakan armada yang tentunya sudah terstandar kelaikannya, dan jadwalnya pasti. Selain itu juga gratis,” ungkapnya.

Ajakan tersebut juga dibarengi dengan himbauan dari Bobby. Ia mengatakan, agar seluruh penumpang maupun awak kapal yang menggunakan kapal laut mengutamakan faktor keselamatan pelayaran. Sebab, tujuan mudik adalah bertemu sanak keluarga. Hal itu bisa tercapai jika selama perjalanan dapat dilalui dengan selamat.

“Apalagi faktor cuaca tidak menentu. Jangan melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bobby menambahkan agar seluruh kelaikan kapal laut diperhatikan dengan benar. Sebab, keselamatan pelayaran menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, peralatan dan aturan-aturan standar keselamatan harus disediakan dan dilaksanakan selama pelayaran.

“Kepada seluruh awak kapal dan Syahbandar, saya ikut menitipkan keselamatan para pemudik. Jika kondisi alam tidak memungkinkan, maka menjadi tugas dan tanggung jawab saudara mengambil kebijakan memberangkatkan atau menunda perjalanan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Siswandi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov Jatim yang peduli dan berinisiatif menggelar mudik gratis sehingga masyarakat Jatim, utamanya kepulauan lebih terlayani terkait mudik gratis.

“Program ini sangat membantu dan memberikan manfaat untuk mereka yang akan mudik ke beberapa pulau, salah satunya Pulau Raas,” tutupnya.

Salah satu penumpang mudik gratis Rahman (30) bersama istri serta anaknya yang berasal dari Pulau Raas mengaku senang dengan layanan mudik gratis.

Rahman yang sehari-hari menjual sembako di Bali, akhirnya bisa kembali mengikuti program mudik gratis.

“Sudah dua kali ikut mudik gratis. Tahun lalu dan sekarang. Jadi saya manfaatkan momen setahun sekali ini,” ungkapnya.

Menurutnya, layanan mudik gratis tidak sekadar ramah dikantong, melainkan juga pelayanan yang cepat, ramah dan tertata.

“Kapalnya on time, masuk ke dalam kapal tidak berdesakan serta pelayanan yang rapi saat meletakkan kendaraan R-2. Terima kasih masyarakat kepulauan dilayani dengan baik,” jelasnya. ***poedji

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *