Pin Emas Kapolri untuk Khofifah

 Pin Emas Kapolri untuk Khofifah
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima pin emas dari Kapolri yang disematkan oleh Kapolda Jatim Letjen (Pol) Luki Hermawan. (foto; Humas Prov Jatim)

Jayakarta News – Ada dua peristiwa penting pada Peringatan Hari Bhayangkara Ke-73 tingkat Jatim tahun ini. Yang pertama penyelengaaraannya dilaksanakan di lapangan Makodam V/Brawijaya (bukan di Polda Jatim) dan yang menjadi Irup adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sekaligus menerima penghargaan Pin Emas dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Rabu (10/7).

Kenapa Khofifah menerima penghargaan tersebut? Karena dinilai berhasil menjadi inisiator dan berperan aktif dalam pembentukan, peresmian hingga beroperasionalnya SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara yang pertama di Indonesia itu. Peresmian sekolah itu dilaksanakan pada 22 Maret 2019.

Penyerahan penghargaan disematkan Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan kepada berdasarkan Surat Keputusan Kapolri Nomor : Kept/1214/VII/2019, tanggal 5 Juli 2019. Perihalnya yakni Pemberian Penghargaan Kepada Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang Berprestasi dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang Membantu Tugas Kepolisian.

Seusai menerima penghargaan, Gubernur Khofifah menyampaikan kepada awak media, bahwa ada boarding school yang disiapkan di SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara di Kab. Banyuwangi. Dirinya berharap, sekolah tersebut bisa menjadi pembibitan penyiapan anak bangsa dengan kedisiplinan yang dan wawasan kebangsaan yang kuat sejak siswa masuk SMA.

Melalui sekolah tersebut, lanjutnya, ada wawasan kebangsaan yang terbangun,   kedisiplinan yang bisa terjaga. Para siswa bisa hidup dengan saling menjaga harmoni dan menghindari sikap intoleransi antar warga. 

“Jadi format harmoni itu akan dibangun, diajarkan, ditata, dibina melalui proses belajar mengajar khususnya dengan sistem  boarding school. Diharapkan anak-anak dari Jatim lulusan SMP bisa masuk ke SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara di Genteng Banyuwangi,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan menyampaikan apresiasi kepada Pangdam V/Brawijaya atas kesediaannya menyiapkan tempat untuk penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-73 di Lapangan Makodam V/Brawijaya.

“Ini baru pertama kali HUT 1 Juli diadakan di Kodam. Begitu juga terima kasih kepada Ibu Gubernur yang telah memerintahkan kepada seluruh Forkopimda Kabupaten maupun Kota untuk hadir di sini semuanya dengan membawa tokoh-tokoh masyarakat dan budayanya, dan UKM-UKM. Ini pertama kali juga HUT Bhayangkara dihadiri oleh seluruh pejabat baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota,” jelasnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, adalah hal yang baik menggambarkan kebersamaan yang dirintis dari pimpinan-pimpinan sebelumnya. Ini terbukti masyarakat Jatim berkumpul di sini ikut merayakan atau memberikan apresiasi kepada Polri dengan mengikuti upacara.

“Bisa kita lihat bersama seluruh tamu undangan, ada 2.100 yang kita siapkan seatnya dan penuh semuanya. Dan ini mungkin paling banyak daripada yang lainnya,” katanya. (poedji)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *