Pidato Doni Monardo pada Penganugerahan Doktor Honoris Causa IPB University

 Pidato Doni Monardo pada Penganugerahan Doktor Honoris Causa IPB University

Doktor (HC) Doni Monardo saat menyampaikan orasi ilmiah di Sidang Senat Terbuka IPB University, Sabtu (27/3/2021).

JAYAKARTA NEWS – Setelah sempat tertunda selama empat bulan, hari ini (27/03) Letjen TNI Doni Monardo melakukan Sidang Terbuka dan penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) yang diberikan oleh IPB University di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB University.

Sebelumnya, pada tanggal 20 Oktober 2020 Rapat Pleno Senat Akademik IPB University menyetujui pemberian gelar Doktor Kehormatan kepada Doni. Pemberian gelar tersebut sesuai Peraturan Senat Akademik IPB Nomor 05/2015 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) di Lingkungan IPB University.

Letjen TNI Doni Monardo dinilai pantas untuk memperoleh pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusi yang luar biasa dalam bidang IPTEKS, serta atas pengabdian dan jasanya yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan. Selama setahun lebih Tim Promotor mengumpulkan, menelaah dan menganalisis seluruh bukti-bukti dan rekam jejak yang dilakukan dalam 10 tahun terakhir. Berbagai dokumen, video, materi ceramah hingga diskusi-diskusi dan klarifikasi data digelar oleh Tim Promotor, baik secara online maupun offline.

Rekam jejak aksi pemulihan ekosistem DAS Citarum, penanganan perdagangan ilegal batu cinnabar dan penghentian penambangan emas ilegal, membangun kebun bibit dan menyelamatkan pohon langka, serta program Emas Hijau dan Emas Biru; oleh Tim Promotor mengerucut pada suatu proposisi teoritik Model Tata Kelola lingkungan yang sesuai dan kontekstual untuk diterapkan oleh berbagai pihak dalam aksi pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan di Indonesia.

Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria, SP, M.Si. mengatakan, pengabdian dan jasa Letjen TNI Doni Monardo luar biasa bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, pendidikan, pembangunan pertanian dalam arti luas serta kemanusiaan akan menjadi inspirasi bagi kita semua.

Karena masih harus fokus menjalankan tanggung jawabnya sebagai Ketua Satgas Covid-19, jadwal sidang terbuka dan penganugerahan ini ditunda beberapa kali.

Dalam Sidang Terbuka ini, di hadapan Rektor IPB University, Majelis Wali Amanat, Senat Akademik, dan para Guru Besar IPB University, Doni akan membacakan pidato yang berjudul “Model Tata Kelola Sumber Daya Alam dan Lingkungan”. Karena dibatasi jumlah tamu yang diundang, para mitra kerja di kementerian/lembaga, dosen, mahasiswa, komunitas, aktivis, media, dan relawan menyaksikan sidang terbuka ini secara online di Youtube IPB TV. (*/rr)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *