Peringatan Hari Guru: Dosen UMA Bantu Guru “Membentuk” Siswa di Yayasan Pendidikan Bina Agung

 Peringatan Hari Guru: Dosen UMA Bantu Guru “Membentuk” Siswa di Yayasan Pendidikan Bina Agung

Tiga dosen Universitas Medan Area. Ketua Tim, Desy Astrid, SE,M.Ak (kiri), Khairunnisa Lubis, S.Sos. M.Ipo dan Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc. (foto. Ist)

JAYAKARTA NEWS – Dalam rangka memperingati Hari Guru 25 November 2022 sejumlah dosen yang berasal dari Universitas Medan Area (UMA) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Yayasan Pendidikan Bina Agung di Jalan Lembaga Pemasyarakatan, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. 

Kegiatan ini akan dilakukan 23-25 November 2022. Salah satu ketua tim Desy Astrid, SE,M.Ak mengatakan, nantinya akan memberikan pemahaman kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP) berkaitan dengan peningkatan daya ingat siswa terhadap pembelajaran ekonomi di SMP Swasta Bina Agung.

Menurutnya, siswa perlu dimotivasi agar tertarik dengan pelajaran ekonomi mengingat terdapat kecenderungan terutama pada siswa laki-laki, kurang tertarik pada pelajaran ekonomi. 

Metode peningkatan daya ingat diharapkan dapat memberikan solusi berkaitan dengan fenomena ini. Untuk itu Desy Astrid  akan bekerja sama dengan tim dosen yang berjumlah 15 orang berasal dari multi disiplin ilmu seperti Ilmu Ekonomi, Komunikasi, Psikologi dan Administrasi Publik. 

Mereka adalah; Muhammad Habibie, S.Sos,M.Si, Hasbiana Dalimunthe, SE, M.Ak, Indawati Lestari, SE, MM. Mhd. Ansor Lubis SH,MH, Devi Ayu Putri SE, M.Si, Ak, CA, Shabrina Tri Asti Nasution, M.Si, Yunita S.Pd, M.Psi, Kons. Khairunnisa Lubis, S.Sos. M.Ipol, Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc, Ilma Saakinah Tamsil, M.Comm, Ria Wuri Andray, S.Sos, M.I.Kom dan Ayudia Popy Sesilia, S.Psi, M.Psi.

Tim lainnya yg dipimpin Khairunnisa Lubis, S.Sos. M.Ipol akan memberikan pengetahuan terkait etika bermedia sosial. Menurut Khairunnisa Lubis, pemahaman ini penting khususnya kalangan siswa SMP. Ia menyadari generasi muda penerus bangsa harus d rawat melalui penanaman etika, terlebih lagi pada era 4.0 diperlukan penguatan etika bermedia sosial. 

Begitu juga dengan Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc . Ia meyakini,  perilaku sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari banyak dipengaruhi oleh apa yang mereka baca dan lihat di media sosial. Dengan demikian pemahaman dini tentang etika bermedia sosial diharapkan dapat menuntun siswa berperilaku semestinya.

Sedangkan Tim dari Ilma Saakinah Tamsil, M.Comm, Ria Wuri Andray, S.Sos, M.I.Kom, dan Ayudia Popy Sesilia, S.Psi, M.Psi akan memberikan pemahaman mengenai Public Speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMP swasta Yayasan Pendidikan Bina Agung. 

Pada kesempatan yang sama nantinya tim dari Hasbiana Dalimunthe, SE, M.Ak, Indawati Lestari, SE, MM. Mhd. Ansor Lubis SH,MH akan memberikan pengetahuan bagi kalangan siswaterkait pendekatan humanisme untuk mencegah bahaya narkoba dan pergaulan bebas.

Atas kegiatan para dosen tersebut Dr. Rudi Salam Sinaga, S.Sos,.M.Si mewakili Ketua Yayasan Pendidikan Bina Agung yang dipimpin oleh Abdi Tarigan, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen yang terlibat dalam peningkatan pengetahuan siswa SMP. Yang mana tentu kegiatan ini secara langsung telah membantu yayasan serta para guru dalam membentuk perilaku positif juga wawasan pengetahuan luas di tingkat siswa SMP di tengah suasana kemajuan dunia, berikut segala hal positif dan negatif yang mengikutinya. (*/Mons)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.