Peringatan BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor di 16 Provinsi

 Peringatan BMKG: Waspada Potensi Banjir dan Longsor di 16 Provinsi

Ilustrasi musim hujan— foto bmkg

JAYAKARTA NEWS— Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat hingga Sabtu (15/5), khususnya terhadap 16 provinsi. Info juga dapat diakses melalui https://signature.bmkg.go.id

Adapun ke-16 Provinsi tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

BMKG dalam hal ini juga mengeluarkan status ‘waspada’ bagi ke-16 Provinsi tersebut dalam kaitan adanya potensi terjadinya banjir, banjir bandang dan tanah longsor yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Dengan melihat dari hasil laporan prakiraan cuaca tersebut, BNPB mengimbau seluruh pemangku kebijakan di daerah baik tingkat Gubernur hingga RT dan RW serta masyarakat untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Dalam hal ini, diharapkan masyarakat secara mandiri juga dapat mengakses informasi peringatan dini cuaca hingga tingkat kecamatan melalui aplikasi InfoBMKG.***ont

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *