Connect with us

Sosial Budaya

Penyandang Disabilitas Sangat Senang Mendapat Bantuan dari Kemensos

Published

on

Ilham ( 19) sangat senang mendapat banyak bantuan dari Kemensos. (Foto: Kemensos)

SAMPANG, JAYAKARTA NEWS – Penyandang disabilitas, Ilham ( 19) sangat senang karena mendapat banyak bantuan dari Kementerian Sosial. Ilham warga Desa Angsokah, Kabupaten Sampang, Jawa Timur merupakan penyandang disabilitas yang kehilangan tangan dan kaki kanannya karena kecelakaan pada 2019 lalu.

Sempat putus asa karena kecelakaan tersebut, Ilham kini bersemangat kembali setelah mendapat pendampingan dari Kemensos melalui Sentra Margo Laras, Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Ilham sempat putus asa, karena selain kehilangan kaki dan tangan kanannya, sebelumnya juga ditinggal  wafat ayahnya. Ibunya juga pergi dan belum ada kabar hingga kini.  Ilham kemudian tinggal bersama adiknya  yang masih sekolah di  SMP serta kakeknya yang sudah lanjut usia. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ilham berjualan kerupuk dengan keuntungan yang tidak seberapa.

Kementerian Sosial melalui Sentra Margo Laras, hingga Rabu (17/1) terus memberikan bantuan dan pendampingan bagi Ilham.  Bantuan yang diberikan  berupa pendampingan rehabilitasi sosial,  dukungan moral dan edukasi bagi Ilham. Kemensos juga memberikan bantuan atensi untuk Ilham berupa makanan kebutuhan pokok, nutrisi, serta pakaian harian. Bahkan Kemensos juga memberikan  bantuan kewirausahaan  bagi Ilham untuk berjualan pulsa dan token listrik sebagai penopang ekonomi keluarga.

Untuk adiknya, Rizal, yang putus sekolah  Sentra Margolaras juga  melakukan pendampingan advokasi serta  memberikan bantuan berupa nutrisi, bahan kebersihan diri, pakaian harian, perlengkapan sekolah, pembayaran administrasi pendidikan sampai lulus SMP, dan sepeda untuk dipakai Rizal ke sekolah.“Rizal akan melanjutkan sekolah tetapi harus mengulang di kelas VII mengingat sudah hampir 6 bulan Rizal tidak masuk sekolah,” ucap Arief Mulyadi, Kepala Sekolah SMPN 1 Omben.

Kementerian Sosial akan terus melakukan pendampingan terkait kebutuhan bagi Ilham dan Keluarga di Sampang. “Terima kasih Kemensos yang telah banyak membantu kami sekeluarga,”kata Ilham, penuh rasa syukur.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *