Pengukuhan DPP Ikaba Poltekpar Medan

 Pengukuhan DPP Ikaba Poltekpar Medan

Foto bersama Ketua Umum, Achmad Zulham serta pengurus DPP Ikaba Poltekpar Medan bersama Direktur Poltekpar Medan, Dr. Anwari Masatip, S.Sos, MM. Par dengan jajarannya, serta para stakeholder pariwisata Sumatera Utara. (Foto. Ist)

JAYAKARTA NEWS – Bertempat di Hotel Achmad Tahir, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, baru-baru ini Achmad Zulham, Amd. Par, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Politeknik Pariwisata (DPP Ikaba Poltekpar Medan), mengukuhkan lima puluh orang pengurus. Pengurus DPP Ikaba Poltekpar Medan adalah para alumni lintas angkatan yang terdiri dari berbagai program studi, seperti MDK, MTH dan lainnya.

Para pengurus dipilih melalui proses dialog ke para alumni yang dianggap kapabel untuk dapat memajukan organisasi. Turut hadir dalam pengukuhan, Direktur Poltekpar Medan, Dr. Anwar Masatip, S.Sos, MM.Par bersama jajarannya, para Kepala Bidang SDM pariwisata dari perwakilan Disbudpar Sumut dan Dinas Pariwisata Kota Medan. Hadir pula beberapa ketua asosiasi pelaku Industri Pariwisata dan Perhotelan, seperti IHGMA (Indonesia Hotel General Manager Association) Cabang Sumut.

Untuk menjadi pengurus tidak ada kriteria khusus. Organisasi ini adakah wadah yang memiliki tujuan memupuk kebersamaan sesama para alumni. ”Jadi saya sebagai Ketua Umum DPP Ikaba Poltekpar Medan lebih mementingkan bagaimana merangkul semua alumni menjadi satu kesatuan, dan berharap pengurus-pengurusnya adalah orang yang bersedia memberikan komitmen demi memajukan organisasi serta siap melayani untuk kemajuan wadah ini sebagai organisasi alumni di kampus Poltekpar Medan,” jelas Ketua Umum yang terpilih November 2018 dengan masa bhakti 2018 – 2023.

Kemudian lanjut Zulham, yang juga GM Hotel Miyana Medan, dengan organisasi ini kita harapkan bisa menjadi rumah bagi para seluruh alumni Poltekpar Medan, tanpa terkecuali. Para alumni dapat menjadi tuan rumah di industri pariwisata dan perhotelan yang ada di Sumatera Utara. Dengan begitu diharap mampu membuka peluang sinergitas dengan industri pariwisata, baik pemerintah maupun pihak swasta.

Untuk itu dalam proses pengukuhan para pengurus, hal tersebut telah dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara DPP Ikaba Poltekpar Medan dan IHGMA Sumut, yang langsung diwakili masing-masing ketua. Kerja sama tersebut memberi peluang prioritas penerimaan bagi para lulusan Poltekpar Medan untuk berkiprah, bekerja di industri pariwisata dan perhotelan Sumatra Utara, tentunya akan disesuaikan kebutuhan masing-masing hotel-hotel.

Hal ini secara optimal dapat dilakukan, mengingat, beberapa ketua asosiasi manajer di bidang industri perhotelan dan pariwisata di Sumut, yang juga berasal dari alumni Poltekpar Medan. Sebagian di antara mereka juga adalah pengurus dari DPP Ikaba Poltekpar Medan.

Ketua Umum DPP Ikaba Poltekpar Medan, Achmad Zulham, bersama Riswan Surbakti, GM Hotel LE Polonia Medan, yang juga Ketua IHGMA Sumatera Utara. (Foto. Ist)

Zulham menambahkan, setelah pengukuhan ini, segera dibentuk komisariat daerah (komda), melalui proses musda dengan menunjuk formatur sementara yang akan melaksanakan proses ini. Diharapkan hal itu dapat terwujud dalam waktu dekat. Beberapa daerah yang sudah siap menggelar musda antara lain Bintan, Batam dan Jabodetabek yang merupakan basis para lulusan Poltekpar Medan.

Setelah itu, membuat program Ikaba dengan Power Card yang dapat digunakan sebagai ID card untuk masuk ke (Cerebro) portal, aplikasi khusus Ikaba sebagai kartu diskon. Pihaknya juga akan meluncurkan E-Money bekerjasama dengan pihak perbankan sehingga memiliki jaringan luas dan program Incubator Pra Wisuda dengan cara memberikan pelatihan dan pengetahuan khusus (soft skill). Para peserta akan diberi pemaparan ihwal perkembangan dunia industri termasuk tips dan trik untuk dapat bekerja lebih baik kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan kuliah. Adapun aktivitas lain, bakti sosial terutama bagi para alumni yang mengalami kecelakaan atau kedukaan.

Kampus Poltekpar Medan sendiri, menyambut baik adanya organisasi alumni ini. Direktur Poltekpar Medan, Dr. Anwar Masatip, S.Sos, MM.Par pada acara pengukuhan pengurus DPP Ikaba Poltekpar Medan mengatakan secara khusus menekankan kepada seluruh jajarannya untuk bekerjasama secara optimal dan turut membantu organisasi alumni ini agar menjadi lebih besar dan berdaya guna.

Ia menegaskan, salah satu fungsi Ikatan Alumni adalah sebagai jembatan emas antara kampus sebagai tempat perkuliahan dengan dunia industri yang terus berkembang. Mahasiswa lulusan Politeknik Pariwisata Medan diharapkan memiliki daya saing tinggi di bidangnya masing-masing. (Monang Sitohang)

Ketua Umum DPP Ikaba Poltekpar Medan, Achmad Zulham, Amd.Par di acara pengukuhan pengurus Ikaba Poltekpar Medan. (Foto. Ist)
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *