Pengembangan Homestay di Destinasi Pariwisata Prioritas, Tawarkan Menginap Gratis ke Presiden

 Pengembangan Homestay di Destinasi Pariwisata Prioritas, Tawarkan Menginap Gratis ke Presiden

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata di Kampung Baru, Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat (22/07/2022) pagi. (Foto: BPMI Setpres)

JAYAKARTA NEWS – Mengawali agenda kunjungan kerjanya di hari kedua di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (22/07/2022), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana meninjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Pendukung Kawasan Pariwisata, Kampung Baru, Labuan Bajo.

Program peningkatan kualitas rumah swadaya untuk usaha pondok wisata atau homestay serta penataan kampung ini bertujuan agar masyarakat sekitar dapat memperoleh manfaat dari pariwisata di Labuan Bajo.

Menurut Presiden, pemerintah berupaya memperbaiki rumah di kawasan untuk dijadikan pondok wisata maupun kios usaha. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar.

“Pemerintah pusat bersama-sama dengan pemda melakukan rehab rumah per rumah. Ada yang dari rumah biasa menjadi pelaku usaha kios, kemudian dibuat homestay. Sehingga pariwisata di Labuan Bajo ini betul-betul juga memiliki manfaat untuk yang kecil-kecil bukan hanya untuk yang bintang empat dan bintang lima atau bintang, tapi yang kecil-kecil itu juga bisa mendapatkan manfaat sehingga naik kesejahteraannya,” kata Presiden.

Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Tawarkan Menginap Gratis ke Presiden

Ada hal menarik saat Presiden dan Ibu Iriana mendatangi sebuah kios sekaligus pondok wisata (homestay) yang dimiliki warga, Presiden Jokowi ditawari menginap gratis oleh pemilik homestay tersebut.

“Kalau Bapak yang menginap gratis, Pak,” ujar Riyadi pemilik kios dan homestay Avifah saat ditanya tarif pondok wisatanya oleh Presiden.

Jawaban tersebut membuat Presiden dan Ibu Iriana tersenyum dan kembali menanyakan berapa tarif pondok wisatanya per malam untuk wisatawan. “Seratus ribu rupiah per malam, Pak,” jawab Riyadi.

Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Presiden pun menitipkan kepada Riyadi dan juga sejumlah pemilik pondok wisata di Kampung Baru tersebut untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasarana serta bangunan yang sudah diperbaiki oleh pemerintah pusat tersebut.

“Dijaga ini ya,” pesan Presiden.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.