Connect with us

Kabar

Pengamat: Ganjar Cari Pasangan yang Tepat

Published

on

Ganjar Pranowo bertemu dengan Mahfud MD di sebuah taman. (Foto: Akun X Ganjar)

JAYAKARTA NEWS – Pertemuan Ganjar Pranowo  – Mahfud MD, pada  Minggu (10/9/2023)  merupakan peristiwa politik nasional yang mempunyai arti mendalam bagi masa depan bangsa, terutama dalam kondisi politik hari ini. Langkah tersebut menggambarkan konsistensi Gajar dalam menjajaki calon-calon pendampingnya untuk maju dalam Pilres 2024.

“Konsistensi dan persistensi adalah karakter penting kepemimpinan nasional. Karakter itu harus ada dan perlu ada dalam diri seorang pemimpin bangsa besar di Indonesia. Presiden Soekarno dan wakilnya Mohamad Hatta juga telah menunjukan hal tersebut.  Sehingga Indonesia Merdeka terwujud dan menjadikan negara ini menjadi negara pelopor bagi bangsa-bangsa yang akan Merdeka kemudian dari belenggu kolonialisme,” kata pengamat sosial politik kebangsaan, Djuni Thamrin,  Ph.D, saat ditanya mengenai makna dari pertemuan tersebut.

“Kini Indonesia akan melewati masa-masa sangat krusial setelah negara ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang telah membawa kemajuan secara massif di berbagai bidang. Pertemuan Ganjar dan Mahfud MD menjadi sangat penting bagi keberlanjutan perjalanan negara dan bangsa Indonesia, yang saat kini sedang mencari calon wakil presiden baru. Dimensi  ini dapat menjadi pondasi yang kokoh untuk membawa bangsa dan negara ini menjadi negara kuat. Indonesia akan menjelma menjadi negara  maju secara ekonomi, rakyatnya dapat hidup bahagia, adil dan makmur, mempunyai pendapatan dan pekerjaan produktif yang merata dan berkecukupan, serta dapat menjadi negara non blok yang mempelopori keseimbangan politik dunia baru di masa mendatang”

Lebih lanjut, Djuni menjelaskan bahwa pertemuan itu juga menggambarkan bahwa Ganjar Pranowo sebagai bakal Calon Presiden dari PDIP, telah menunjukan bahwa Ganjar bukan hanya sebagai petugas partai, tetapi mempunyai inisiatif dan ruang kebebasan dalam menjajaki calon wakil presiden yang akan berjuang bersamanya di pemilu yang akan datang.

“Sangat jelas independensi Ganjar sebagai calon Presiden dari PDIP untuk membuka ruang dialog dan pertemuan dengan berbagai pihak yang dapat bekerja sama di masa mendatang dalam membawa bangsa ini maju. Image sebagai petugas partai yang hanya dikendalikan oleh DPP Partai menjadi tidak terbukti.   Mahfud MD yang merupakan pribadi yang menonjol terutama dalam penegakan hukum di Indonesia telah masuk dalam bursa bakal Cawapres.  Pertemuan dan juga dialog publik yang terjadi yang mengiringi pertemuan tersebut, merupakan proses pembelajaran bangsa untuk mendapatkan figure dan profil kepemimpinan yang lahir dari bawah” lanjut Djuni, yang juga menjadi dosen dan peneliti dibeberapa perguruan tinggi ini.

Karakter utama kepemimpinan pendamping yang diperlukan oleh Ganjar Pranowi, secara professional ada dalam diri Mahfud MD.  Mahfud MD, adalah sosok yang tegas terhadap penegakan hukum, bersih, tegas, konsisten dan sangat partisipatif mendengarkan keluhan rakyat.  Karakter tersebut sangat penting untuk dapat mengimbangi kepemimpinan yang telah dijalankan oleh Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. 

“Konsistensi dalam penegakan hukum menjadi sangat penting bagi Pembangunan Indonesia dimasa mendatang. Indonesia adalah negara hukum dan sampai hari ini penegakan hukum yang benar-benar adil dan terbebas dari kepentingan politik praktis belum dapat duduk dengan sempurna”.

“Jadi karakter Mahfud MD sangat diperlukan sebagai mekanisme pengendali Pembangunan. Ibarat fungsi rem dalam mobil yang harus dipacu dengan kecepatan Pembangunan yang stabil,” ungkap Djuni Thamrin lebih jauh.

Sosok Mahfud yang professional, bersih, tidak meninggalkan sisa pekerjaaan yang tidak selesai, tegas dan pro rakyat sudah tidak diragukan lagi, dengan rekam jejaknya selama ini yang sudah menjadi pengabdi dan pelayan rakyat dalam berbagai jenjang posisi di pemerintahan telah otomatis menunjukan karakter yang dibutuhkan bagi keberlanjutan Pembangunan di Indonesia. 

Secara geo-politik, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangs aini, sangat memerlukan sosok dan figure panutan yang bukan hanya cakap berbicara, tetapi sangat tegas menentukan sikap dan arah Pembangunan serta konsisten antara ucapan dan tidakan.  Sosok Mahmud MD telah menunjukan konsistensi tersebut.  Sehingga dalam duet kepemimpinan Indonesia yang mendatang sangat diperlukan kepempinan yang partsisipatoris, melindungi dan mengutamakan rakyat, memberi pernlindungan hukum, menjalankan fungsi pengawasan terutama terhadap keuangan dan sumberdaya utama Pembangunan, memberikan visi-misi yang sangat jelas ke depan serta sangat dicintai rakyatnya.

Secara keseluruhan pertemuan antara Ganjar dan Mahfud yang dilaksanakan dihari dimana semua orang berlibur itu sangat jelas memberikan gambar pada rakyat Indonesia bahwa calon pemimpin bangs aini merupakan sosok dan pribadi yang tidak mementingkan diri sendiri, konsisten, persisten, bukan hanya petugas partai dan tentunya merupakan pilar bagi kenerlangsungan Pembangunan Indonesia dimasa mendatang.(*/sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *