Pengalaman Naik Bus Shalawat, Jemaah: Sangat Nyaman

 Pengalaman Naik Bus Shalawat, Jemaah: Sangat Nyaman

Bus shalawatt di Terminal Syieb Amir, Makkah (Kemenag)

JAYAKARTA NEWS – Terminal Syib Amir yang menjadi salah satu titik jemput jemaah haji Indonesia setelah beribadah di Masjidil Haram tampak mulai terlihat mobilitas jemaah. Seiring kedatangan jemaah dari Madinah sejak 12 Juni 2022 lalu, bus shalawat sudah beroperasi mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram.

Secara berkelompok, jemaah yang sudah menunaikan ibadah bergegas melintas terminal menuju bus shalawat yang berjajar rapi menanti jemaah. Saat itu suhu di Makkah hampir mencapai  40 derajat Celsius, sejumlah jemaah wanita tampak menggunakan topi tudung putih, berlari-lari kecil menuju bus warna merah orange dengan tulisan besar Indonesia

Tampak petugas dengan rompi hijau terang mengarahkan jemaah menuju bus yang sudah siap berangkat. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memang menempatkan sejumlah petugas di setiap terminal bus shalawat.

“Alhamdulillah, cuaca panas sekali, tapi pas masuk bus terasa sejuk,” ujar Zainuri, jemaah asal Pati SOC 1 yang tiba pertama di Makkah dari Madinah, dikutip dari Rilis Kemenag, Selasa (14/6/2022).  

Bus yang ditumpangi Zainuri dan tim Media Center Haji (MCH) yang memantau operasional bus tersebut memiliki komposisi kursi dua-dua setiap barisnya. Setelah hampir penuh, bus tersebut bergerak mengantar jemaah ke hotel Kiswah yang berada di Kawasan Jarwal.

Zainuri yang sehari-hari bekerja di Pemerintah Daerah Kabupaten Pati mengaku nyaman dengan fasilitas bus shalawat yang mengantarnya ke Masjidil Haram.

“Busnya sangat nyaman, sejuk, dan saya mengapresiasi petugas di terminal ini mengarahkan kami,meski mereka berada di terik dan panas,” ujarnya.

Selama di bus ia menikmati rute yang dilalui bus menuju hotelnya di Kawasan Jarwal. “Setelah 12 tahun, alhamdulillah Saya beserta isteri dapat menunaikan ibadah haji, semua pelayanan selama di Madinah dan Mekkah membuat kami nyaman beribadah,” terangnya.

Mengantisipasi suhu panas, ia sudah membekali dirinya dengan botol semprotan, sunblock, tambler berisi air zamzam, dan payung kecil yang akan menahan terik matahari langsung.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.