Pencegahan Penyebaran Virus Corona, IFRC Minta PMI Siaga Bantu Pemerintah

 Pencegahan Penyebaran Virus Corona, IFRC Minta PMI Siaga Bantu Pemerintah

Sekjen PMI Sudirman Said saat melakukan konferensi jarak jauh antar pimpinan federadi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se Asia Pasifik di Kantor Pusat PMI, Jakarta, Jumat (31/1/2020)–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS—Palang Merah Indonesia (PMI) siap berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah dan para pihak, baik di dalam maupun luar negeri dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan federasi palang merah dan bulan sabit merah internasional  (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies/IFRC).

“Hari ini kami mendapat arahan langsung dari Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional agar menyiapkan diri, serta berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan pemerintah dan semua pihak, baik di dalam maupun di luar negeri untuk membantu pencegahan penyebarluasan virus Corona di Indonesia,” kata Sekjen PMI Sudirman Said, Jumat (31/1/2020) siang usai melakukan konferensi jarak jauh (conference call) dengan pimpinan federasi palang merah dan bulan sabit merah se-Asia Pasifik di Kantor Pusat PMI, Jakarta.

Sekjen PMI Sudirman Said saat melakukan konferensi jarak jauh antar pimpinan federadi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se Asia Pasifik di Kantor Pusat PMI, Jakarta, Jumat (31/1/2020)–foto istimewa

Sudirman menjelaskan, dalam kesempatan konferensi itu federasi palang merah internasional menyampaikan perkembangan penyebaran virus Corona di berbagai negara, serta memberikan arahan umum agar federasi palang merah di masing-masing negara menyiapkan diri untuk membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran virus, yang menurut data IFRC hingga kini sudah menelan korban jiwa sebanyak 213 orang dan sejumlah 1527 orang dalam kondisi serius.

Sudirman menyebutkan, di antara bentuk kesiapsiagaan PMI tersebut di antaranya memberikan pelatihan kepada staf PMI, membentuk dan melatih relawan (voluntir), membantu sosialiasi atau kampanye pencegahan virus Corona dan bagaimana penangananya jika ada yang terinfeksi.

“Kami akan menyiagakan semua sumber daya yang ada di PMI, termasuk menyiapkan ambulan-ambulan, dan peralatan yang dimiliki PMI untuk memaksimalkan upaya membantu pencegahan penyebaran virus berbahaya tersebut,” terang dia.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, PMI Pusat akan segera meneruskan arahan IFRC ini kepada anggota federasi di seluruh Indonesia. “Pekan depan kita akan melakukan rapat kordinasi dengan anggota federasi di seluruh tanah air,” tandas Sudirman.***ton

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *