Pemindahan Ibukota 4: Pusat Ekonomi Baru

 Pemindahan Ibukota 4: Pusat Ekonomi Baru

JAKARTA yang memiliki peran ganda sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis dan keuangan, dianggap terlalu berat bagi sebuah kota. Melihat hal tersebut, Indonesia Property Watch (IPW) menilai positif wacana pemerintah yang hendak memindahkan ibukota ke Palangkaraya, sebagaimana yang diwartakan oleh CNN Indonesia.

“Malah lebih bagus seperti itu. Jangan seperti saat ini kota pemerintahan, kota politik, kota bisnis. Campur semua di Jakarta, jadi tidak fokus,” terang Direktur Eksekutif IPW Ali Tranghanda, Rabu (12/4/2017).  Apabila ibukota dipindah, maka Jakarta dapat fokus sebagai pusat bisnis. Sebab hampir seluruh pusat perkantoran berada dan beroperasi di Jakarta. “Jakarta jadi kota bisnis, itu akan lebih bagus karena dia tidak terpengaruh oleh tensi politik, demo dan segala macam. Jadi nanti yang diuntungkan itu Jakarta dan Palangkaraya,” ungkap Ali.

Sedangkan untuk Palangkaraya, akan diuntungkan karena perekonomian di daerah tersebut akan tumbuh, jelas Ali. Ia juga menyebut bahwa sektor properti di Palangkaraya akan diuntungkan karena adanya pertumbuhan pembangunan properti seperti gedung perkantoran dan perumahan.

Selain itu, Ali juga menilai bahwa pemilihan Palangkaraya sebagai ibukotanegara yang baru karena daerah tersebut memang berpotensi untuk dibagun kembali. Tidak seperti Balikpapan atau Makassar yang terbilang sulit untuk dikembangkan lagi.

“Karena kan kalau buat pemerintah itu harus ada master plan yang betul-betul baru. Jadi lebih mudah membuat satu kota baru dibandingkan dengan mengubah kota-kota lama,” ungkap Ali.

Di sisi lain, Bambang  Brodjonegoro menjelaskan, pemerintah mempertimbangkan pemindahan ibukota dengan pertimbangan bahwa Indonesia perlu menciptakan pusat perekonomian baru yang selama ini terpusat di Jakarta khususnya, dan pulau Jawa pada umumnya. “Maka, perlu membangun pusat perekonomian baru di luar Pulau Jawa,” ujar Bambang. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *