Pelatihan Kader Lingkungan PP Muhammadiyah

 Pelatihan Kader Lingkungan PP Muhammadiyah

Sekolah Ekologi PP Ikatan Pemuda MUhammadiyah (IPM) di Kulonprogo.

Jayakarta News – Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan mengadakan Pelatihan Kader Lingkungan. Peserta pelatihan adalah siswa-siswi SLTA atau yang sederajat di wilayah pulau Jawa. Ketua MLH PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Mudjidin Mawardi M. Eng dalam surat edarannya mengungkapkan alasan yang melatari kegiatan ini. Ke depan persoalan lingkungan hidup kian kompleks. Perubahan pola hidup dan perkembangan teknologi yang serba cepat dan instan akan mempengaruhi sikap generasi muda terhadap lingkungan. Karena itu PP Muhamadiyah memandang penting Pelatihan Kader Lingkungan bagi generasi milenial.

Kompetensi yang ingin dicapai dalam acara pelatihan yang akan digelar di Yogyakarta tersebut adalah: memahami teknologi dan fiqh lingkungan, pengelolaan sampah dan air hujan, eco building, sanitasi lingkungan, eco falming dan eco life. Selain mendapatkan materi dari nara sumber, para peserta akan berdiskusi dan mempraktekkan  gerakan peduli  lingkungan. Hadir sebagai pemateri antara lain Dr. Ir Gunawan Budiyanto M.P, Dr. Ir Muhammad Nurcholis M. Arch, Dr. Ir Ahmad Sarwadi M. Eng, Heri Setiyawan S. Si, M. Si dan lain-lain. Acara akan dilaksaakan tanggal 21 – 22 Desember dan akan dibuka oleh Rektor UMY Dr. Ir Gunawan Buditanto M.P.

Heri Setiyawan menjelaskan bahwa setelah pelatihan para peserta tidak hanya tahu teori bagaimana melestarikan atau menjaga ligkungan, tetapi mereka diharapkan berbuat sesuatu: mengelola sampah, menanam pohon, memanen air hujan dan tentu saja tidak merusak lingungan. Kader MLH PP Muhammadiyah ini juga mengungkapkan bahwa instansinya aktif mengagendakan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan. Baru baru ini  Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) menggelar Sekolah Ekologi di Kulonprogo. (Ernaningtyas)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *