PDI P: Solid Bergerak untuk Indonesia Raya

 PDI P: Solid Bergerak untuk Indonesia Raya
Jajaran pimpinan PDI P dalam jumpa pers jelang Kongres PDI P ke-5 pada 8-10 Agustus 2019 di Bali—foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam waktu dekat akan menggelar Kongres ke-5 pada 8-10 Agustus 2019 di Bali. Tema Kongres ke-5 adalah ‘Solid Bergerak untuk Indonesia Raya’ dan subtema ‘Mewujudkan PDI P sebagai Partai Pelopor’.

“Tema ini mengandung makna bahwa soliditas partai melalui langkah kaderisasi kepemimpinan partai secara kelembagaan dan sistemik telah membangun kesadaran ideologi Pancasila, kesadaran politik untuk memberikan dedikasi bagi rakyat bangsa dan negara,” jelas Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto dalam sambutannya pada jumpa pers, Kamis (1/8/2019).

Jumpa pers jelang Kongres PDI P ke-5 pada 8-10 Agustus 2019 di Bali—foto istimewa

“Kesadaran organisasi partai untuk terus mengedepankan kepentingan kolektif dan semangat goong royong daripada kepentingan orang perorang dan kelompok dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah rakyat,” tambahnya.

Soliditas bergerak, kata Hasto, bersifat aktif dan progresif guna menegaskan tujuan berpartai sebagai penerang dalam gerak kemajuan bangs ada negara Indonesia. Dengan subtema mewujudkan PDI P sebagai partai pelopor, maka PDI P meletakkan dasar bekerjanya partai pelopor yang disiplin dalam berfikir atas dasar ideologi Pancasila, disiplin dalam teori, disilpin dalam berorganisasi dan disiplin dalam pergerakan kepentingan rakyat terus dikedepankan.

Agar tugas tersebut dapat berjalan, tegasnya,  wajah politik PDI Perjuangan haruslah wajah yang berkebudayaan. Sebab politik adalah membangun peradaban Indonesia Raya guna mewujudkan peran strategis Indonesia di dalam membangun tatanan dunia baru, sebagaimana disampailan dalam pidato Bung Karno: ‘To Build The World A New’.

Selain itu, katanya lebih jauh, guna menjalankan agenda strategis PDI Perjuangan sebagai pengusung utama pemerintahan Jokowi-KH Maruf Amin, maka atas penggunaan hak prerogatif Ketua Umum, Kongres V dipercepat.

“Percepatan kongres tidak hanya untuk menyesuaikan agenda strategis pemerintahan negara, namun juga untuk melakukan konsolidasi baik konsolidasi ideologi, politik, organisasi, kader dan konsolidasi seluruh sumber daya partai agar dapat memenuhi tanggung jawabnya di dalam membangun masa depan bangsa dan negara menuju masyarakat adil dan makmur yang dicita-citakan bersama,” paparnya.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *