Connect with us

Kabar

Patroli Cyber Kejar Penyebar Hoax Papua

Published

on

 Jayakarta News – Indonesia Police Watch (IPW) memberi apresiasi pada jajaran Polri dan TNI dalam mengendalikan keamanan pada kerusuhan di sejumlah kota di Papua. Namun diharapkan Patroli Siber.com yang baru di-launching Kabareskrim Polri Komjen Idam Azis beberapa waktu lalu diharapkan dapat segera memburu dan menangkap para provokator Siber, yang menjadi pemilik akun sosial dan pihak pihak yang memprovokasi hingga meletusnya kerusuhan di Papua, terutama di Manokwari.

Dalam mengendalikan kerusuhan di Papua jajaran TNI Polri tampak begitu sabar, profesional, proporsional, dan tidak terpancing, sehingga amuk massa bisa mereda tanpa adanya konflik dengan aparat. Meski kerusuhan sudah mereda, IPW berharap para pemilik akun sosial yang menjadi provokator kerusuhan ini harus segera diciduk.

IPW yakin bahwa Direktorat Cyber Crime yang mengelola Patroli Siber.com mampu memburu akun sosial yang memprovokasi kerusuhan itu. Sebab Direktorat Cyber Crime sudah dilengkapi sejumlah peralatan canggih dan aparatur yang bekerja 24 jam untuk melakukan patroli cyber. Di era kampanye Pilpres 2019, patroli cyber ini berhasil memburu dan menangkap sejumlah pihak yang menyebar konten hoax yang meresahkan masyarakat.

Dengan diluncurkannya Patroli Siber com tentu akan lebih mudah lagi bagi Direktorat Cyber Crime untuk memburu pelaku dan penyebar hoax karena masyarakat yang dirugikan maupun masyarakat korban hoax bisa langsung melapor ke Cyber Crime. Sebab bisa saja para provokator Siber itu bukan berada di Papua, tapi berada di luar Papua.

Untuk itu Direktorat Cyber Crime perlu segera membuktikan kemampuannya untuk memburu dan menangkap pelaku dan penyebar akun sosial yang memprovokasi kerusuhan Manokwari dan kota lain di Papua. Sehingga Polres Manokwari dan Polda Papua Barat bisa segera memproses para provokator dan pelaku kerusuhan tersebut, untuk kemudian membawanya ke pengadilan. (*/rr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *