Connect with us

Entertainment

Paramitha Rusady Jadi Dewi Sartika

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Kalau di Jepara ada tokoh emansipasi wanita RA Kartini, maka di Bandung (Jawa Barat) dikenal Raden Dewi Sartika. Tokoh pejuang dan pelopor pendidikan wanita ini diangkat sebagai Pahlawan Nasional.

Riwayat perjuangan Dewi Sartika baru-baru ini diangkat ke panggung oleh aktris Paramitha Rusady (56 tahun) dalam acara peringatan ultah Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) ke-67 di Cinema Hall, Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta. Bertajuk ‘Panggil Aku Uwi’, teater pendek ini mengalir lancar berdurasi sekitar satu jam, dan ada penambahan adegan film.

“Saya sendiri yang memerankan sebagai Dewi Sartika. Latihan dan menghafal dialog memakan waktu satu bulan,” lontar Paramitha Rusady usai pergelaran di PPHUI.

Paramitha Rusady dan artis-artis memeriahkan HUT 67 Parfi dengan mementaskan ‘Panggil Aku Uwi’ (foto Dudut SP)

Bukan hanya sebagai orang Sunda, Mitha, nama panggilannya, juga mengidolakan sosok Dewi Sartika. “Ibu Dewi Sartika (1884-1947) adalah wanita dari Bandung yang mengangkat martabat kaum wanita dan merintis sekolah buat kaum bumiputera di tanah Parahiangan, dengan mendirikan Sakola Kautaman Isteri di Bandung,” cetus Mitha.

Ia menjelaskan, tokoh pendidikan ini mengajarkan ketrampilan wanita seperti memasak, menjahit dan belajar bahasa Melayu dan Belanda.

Mitha yang berkali-kali masuk nominasi dalam FFI ini mengaku bangga dapat memerankan tokoh wanita Sunda yang menjadi Pahlawan Nasional.

“Insha Allah, kisah perjuangan Dewi Sartika bisa diangkat ke layar lebar. Pelakon lain adalah Ully Sigar Rusady dan Atalarik Syah yang juga bermain dalam teater pendek ini,” janji Mitha yang mengawali debutnya sebagai aktris film dalam film ‘Ranjau Ranjau Cinta’ mendampingi Rano Karno garapan sutradara Nasri Cheppy.

Selain itu, Mitha jugs tarik suara bersama kakaknya Ully Sigar Rusady dan saudara-saudaranya yang lain dalam kelompok Veni Vidi Vici. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *