Para Tukang Cukur Garut Lega Dapat Kredit Rumah Subsidi

 Para Tukang Cukur Garut Lega Dapat Kredit Rumah Subsidi

PERSAUDARAAN  Memangkas Rambut Garut (PPRG) bersyukur, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dimulainya pembangunan rumah subsidi tipe 30/60 untuk mereka.

Para tukang cukur yang tergabung dalam organisasi  PPRG itu mendapat bantuan untuk memiliki rumah dengan mengkredit  melalui skema Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) dengan cicilan Rp 800.000 per bulan.

Menurut Presiden, rumah dengan tipe  30 dengan luas tanah 60 meter, termasuk luas  untuk ukuran rumah sekarang ini.

Akhir pekan lalu, Sabtu 19 Januari 2019, Presiden melalukan kunjungan kerja ke Garut, yang salah satu agendanya adalah meresmikan dimulainya pembangunan rumah subsidi untuk anggota  PPRG. Harga rumah per unitnya Rp 130 juta dengan cicilan Rp 800.000 per bulan.

Rencananya pembangunan rumah PPRG di Garut akan dibuat  500 unit, dan untuk tahap pertama   pengadaannya 150 unit. “Perumahan PPRG ini sudah laku 140 rumah. Artinya minat dari anggota PPRG (yang) sudah ambil cukup tinggi. Tinggal sisanya berikutnya menyusul,” kata  Jokowi.

Pemerintahan Jokowi-JK, di antaranta memprogramkan pembangunan  Satu Juta Rumah. Untuk mensukseskan program tersebut,  pemerintah akan menyiapkan bantuan perumahan di masing-masing provinsi dengan menggandeng komunitas-komunitas. Menurut Jokowi, jika  komunitas menghendaki pembangunan rumah untuk mereka, pemerintah dapat memfasilitasinya dengan kredit  bersubsidi FLPP.

Dengan adanya program semacam ini, seperti di  Jakarta, Bandung, serta Karawang, para karyawan  lebih semangat dalam bekerja.

Komunitas PPRG termasuk yang sangat potensial dalam bisnis cukur rambut dan tersebar di berbagai daerah. Setiap pekannya  mereka mentransfer  uang ke rumah masing-masing  Rp 400.000 – Rp 500.000. Rata-rata pendapatan tukang cukur  Rp 4 juta – Rp 6 juta per bulan. “Jadi, kalau diambil Rp 800.000 kan enteng,” kata Presiden.

Jokowi menjelaskan, Program Satu Juta Rumah untuk masyarakat  sudah berjalan empat tahun. Tahun ini pengadaan rumah subsidi akan mencapai total  1.132.621 unit rumah, melampaui target yang dicanangkan “Target 1 juta rumah (2018) terlampaui. Kami akan terus mengupayakan sebanyak-banyaknya dibangun rumah di back up perbankan,” tandas Jokowi.

Perumahan PPRG berlokasi di  di Kampung Sampora, Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Total lahan yang disiapkan  sekitar lima hektar, dimana tahap pertama akan dibangun di atas lahan  dua hektar.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *