Connect with us

Kabar

Papua Barat Tangguh, Sambut Natal dan Tahun Baru 2020

Published

on

Jayakarta News – Provinsi Papua Barat menjadi salah satu provinsi yang konsisten pada tekad menjadi provinsi yang tangguh menghadapi bencana. Tak heran, ketika masyarakat tenggelam pada euforia perayaan Natal dan tahun baru, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan justru mengeluarkan surat edaran penting.

SE Gubernur yang ditandatangani Gubernur Mandacan 20 Desember 2019 itu, berisi “Dukungan Pelaksanaan Operasi Pengamanan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, serta Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Cuaca Ekstrem”.

Melalui SE tersebut, gubernur meminta para bupati/walikota se-Papua Barat untuk memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan operasi pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, serta antisipasi potensi kejadian bencana akibat datangnya musim penghujan akhir tahun 2019 hingga tahun 2020.

Gubernur meminta para bupati/walikota meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi kejadian bencana akibat cuaca ekstrem di wilayahnya masing-masing. Terkait hal itu, diminta agar melaksanakan koordinasi kesiapsiagaan dengan seluruh potensi penanggulangan bencana daerah, Kabupaten/Kota Provinsi Papua Barat dan melaporkannya setiap saat kepada Gubernur Papua Barat.

Selain itu, para bupati/walikota juga dminita mendirikan Posko Siaga di BPBD Kabupaten/Kota yang disertai pengerahan personil dan peralatan penanggulangan bencana pada titik-titik rawan bencana, jalur mudik, kawasan wisata dan kawasan vital lainnya dengan berkoordinasi dengan satuan kewilayahan TNI dan Polri, serta

Tak cukup dengan mendirikan Posko, tetapi juga harus membangun komunikasi dan jejaring antardaerah dalam kerangka saling mendukung penyelenggaraan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi potensi ancaman bencana akibat cuaca ekstrem dan potensi gangguan lainnya.

Yang tak kalah penting, BPBD Kabupaten/Kota meng-update laporan terkait informasi bencana setiap saat melalui UPTD Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana  (Pusdalops PB) yang dapat diakses melalui nomor handphone 0853 4413 3007, 0821 9771 7619, 0852 4413 5232, serta Pusdalops BNPB 0812 2982 7444, 0812 1237 575, email pusdalops@bnpb.go.id.

Papua Barat, Tangguh !!!  (*/rr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *