Paduan Suara An Nida Sabet Piala Bergilir Wali Kota Denpasar

 Paduan Suara An Nida Sabet Piala Bergilir Wali Kota Denpasar

Kelompok Paduan Suara An Nida dari Dalung, Kabupaten Badung, peraih Piala Bergilir Wali Kota Denpasar.

JAYAKARTA NEWS, Denpasar – KEGIATAN jalan sehat memeriahkan Semarak IPHI 2022 yang dihelat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Denpasar, Minggu, 14 Agustus 2022, di Denpasar tampak sumringah. Jalan sehat dibanjiri ratusan warga Kota Denpasar. Kupon jalan sehat yang disiapkan panitia sebanyak 700 kupon habis ludes. Jalan sehat tak hanya dimeriahkan kalangan remaja dan lansia. Sementara kalangan orangtua pun ikut membawa bayi mereka meramaikan kegiatan menyongsong peringatan HUT Kemerdekaaan RI dan menyambut kedatangan jamaah haji 2022 asal Bali, khususnya Kota Denpasar.

“Kegiatan jalan sehat ini juga dalam rangka memeriahkan peringatan Tahun Baru Hijriah 1 Muharam,” jelas Ketua Panitia Semarak IPHI 2022, H. Yusron Nur Kholis.

Rangkaian kegiatan bertajuk “Semarak IPHI” ini merupakan wujud nyata pelaksanaan program kerja yang diamanahkan Rakerda IPHI Kota Denpasar waktu lalu. “beragama kegiatan tersebut disesuaikan dengan program bidang kerja yang ada di bawah IPHI Kota Denpasar,” imbuh Ketua Pengurus Daerah (PD) IPHI Kota Denpasar, H. Mohammad Mansur.

Kegiatan Donor Darah dan Layanan Kesehatan Gratis, misalnya. Dua kegiatan ini merupakan Program Bidang Ibadah dan Sosial Kemasyarakatan. “Sementara Program Bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan melaksanakan pendataan dan pemberian Kartu Tanda Anggota (KTA) IPHI, khususnya kepada jamaah haji tahun 2022,” jelas H. Mansur.

Selain itu, Program Bidang Usaha Pemberdayaan Umat mengadakan kegiatan Bazaar dan Stan Koperasi Haji. Ada pun Program Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga mengusung Lomba Mewarnai untuk Kaategori Anak Usia 7-9 Tahun dan Lomba Paduan Suara Mars IPHI Antarmajelis Taklim Perempuan/Komunitas Perempuan Muslim Se-Provinsi Bali.

“Hadiah utama Lomba Paduan Suara Piala Bergilir Wali Kota Denpasar. Sementara Program Bidang Kesenian, Kebudayaan, dan Pariwisata menampilkan Seni Islami Qasidah An Nida yang menghibur selama berlangsung acara puncak di Pojok Sudirman,” tutur H. Yusron.

Jalan sehat dilepas Wali Kota Denpasar yang diwakili Kepala Bidang Ketaatan Ekonomi, Sosial Budaya, Organisasi Kemasyarakatan Kesbangpol Kota Denpasar, Nyoman Oka Sarjana, S.Sos. Oka Sarjana bahkan ikut membaur mengikuti jalan sehat bersama ratusan warga.

“Pemerintah Kota Denpasar menyediakan Piala Bergilir Wali Kota Denpasar untuk Lomba Paduan Suara Mars IPHI, Ini bentuk dukungan Pemerintah Kota Denpasar terhadap kegiatan positif yang dilaksanakan IPHI Kota Denpasar,” terang H. Yusron.

Rute jalan sehat mengitari Perumahan TNI AD di Komplek Sudirman. Start diawali dari Lapangan Basket Jalan Slamet Riyadi menyusuri Jalan PB Sudirman hingga kembali ke titik start. Seluruh peserta kemudian memasuki Pusat Kuliner Pojok Sudriman. Di sini, Panitia melakukan penarikan kupon doorprize dengan beragam hadiah yang menarik, seperti kulkas, sepeda gunung, dan lainnya.

Seluruh peserta jalan sehat membaur dengan jamaah haji asal Kota Denpasar yang tiba 5 Agustus 2022 dari Tanah Suci Mekkah. Ada 35 jamaah haji yang ikut bergabung dalam puncak acara di Pojok Sudirman tersebut. Kedatangan mereka disambut Ketua Pengurus Wilayah IPHI Provinsi Bali, H. Maman Supratman; Ketua PD IPHI Kota Denpasar, H. Mohammad Mansur; Ketua PD IPHI Kabupaten Badung, H. Jaka Sujana; dan Ketua PD IPHI Kabupaten Bangli, H. M. Ali, dan utusan PD Kabupaten Jembrana, H. Sudirman.

Tampak hadir saat berlangsung acara puncak Semarak IPHI tersebut, antara lain Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Denpasar, H. Saefuddin Zaini; Rektor ITB Stikom Bali, dr. H. dadang Hermawan; Ketua Lantip Bali, H. Rully Soripada; Ketua Pusat Koperasi TNI Angkatan Darat Kodam IX/Udayana yang diwakili Ketut Budiana, S.E.; Kepala Seksi Urusan Haji Kemenag Kota Denpasar, H. Suraji; Lurah Dauh Puri, I Gusti Ngurah Arnawa, S.E.; dan Kepala Lingkungan Kirana, H. Ismani, S.Sos.

Sebelum acara puncak gerak jalan sehat dan pengundian doorprize, telah dilaksanakan Lomba Paduan Suara Mars IPHI.  Lomba ini diikuti kalangan ibu-ibu yang tergabung dalam majelis taklim perempuan atau komunitas perempuan muslim. Lomba diikuti majelis taklim dari seluruh Bali.

Peserta Lomba Paduan Suara diwajibkan menyanyikan mars IPHI. Mereka mengirimkan rekaman dalam bentuk video kepada panitia. Seluruh video yang diterima Panitia diserahkan kepada Dewan Juri yang terdiri dari tiga instruktur olah vokal, Ida Ayu Yani Manuaba, Atie Noor dan Hj. Ary Bram. Hasil penilaian Dewan Juri tercatat Paduan Suara An-Nida dari Dalung, Kabupaten Badung, menjadi peserta terbaik.

Selain itu, menurut H. Yusron, ada pula pelayanan kesehatan gratis berupa cek gula darah dan tensi. Tak kurang dari 71 orang mengecek kondisi kesehatannya di klinik ini.

Layanan kesehatan ini difasilitasi oleh Yayasan Bulan Sabit Indonesia. “Warga antusias datang ke klinik Kesehatan. Ada macam-macam keluhan, antara lain sakit kepala. Ada warga yang kami sarankan untuk berkonsultasi ke petugas di faskes (fasilitas kesehatan) jika memerlukan penanganan lebih lanjut,” jelas dr. Marini dari Yayasan Bulan Sabit Indonesia.

Untuk perlombaan, tidak hanya Lomba Paduan Suara. Ada Lomba Mewarnai untuk kalangan bocah berusia 7-9 tahun. “Luar biasa antusiasnya peserta Lomba Mewarnai. Partisipannya sebanyak 97 anak. Ini sepertinya mengobati kerinduan orangtua akibat pandemi Covid-19 yang membuat anak lebih banyak tinggal di rumah,” ungkap H. Yusron.

Aksi donor darah juga tak kurang tinggi peminatnya. Warga datang berbondong-bondong ingin menyumbangkan darahnya untuk kemanusiaan. Sayang kuota yang dibatasi PMI membuat sejumlah warga urung ikut donor. “Tetapi, saya senang dengan aksi kemanusiaan yang dibuat IPHI ini. Ini bukti IPHi ikut menyumbangkan energi untuk kemanusiaan di Kota Denpasar,” ujar Kusmedi, salah satu warga yang batal ikut donor darah akibat kuota terbatas.

Salah satu peserta donor darah, Kolonel Inf (Purn) H. Muyoto, mendapat apresiasi dari Panitia Semarak IPHI 2022. “Pak Muyoto telah tercatat ikut donor darah ke-71 saat berlangsung Semarak IPHI 2022 di Pojok Sudirman,” jelas H. Yusron.

Kalangan tokoh IPHI di Bali menyambut sumringah meriah dan suksesnya perhelatan Semarak IPHI 2022 tersebut. Ketua PW IPHI Bali H Maman Supratman, Ketua PD IPHI Kota Denpasar, H. Mohammad Mansur, Ketua PD IPHI Kabupaten Badung, H. Jaka Sujana, dan Ketua PD IPHI Kabupaten Bangli, H. Muh. Ali, urusan PD Jembrana H Sudirman, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Gawe akbar semacam ini diyakinkan sebagai wujud nyata kontribusi IPHI di seluruh kabupaten dan kota untuk. menyemarakkan suasana peringatan HUT Proklamasi di Pulau Bali.

Menurut H. Yusron, dukungan meriah dan suksesnya Semarak IPHI tak hanya datang dari kalangan pejabat pemerintah. “Acara ini pun didukung lebih dari 46 BUMD dan perusahaan swasta, termasuk sponsorship perusahaan perorangan,” pungkasnya. (syam kelilauw)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.