Nunukan Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat Tiga Hari ke Depan

 Nunukan Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat Tiga Hari ke Depan

Foto BPBD Nunukan

JAYAKARTA NEWS— Banjir belum surut di wilayah Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, hingga hari ini, Kamis (27/5), pukul 18.00 WIB. Banjir yang sudah berlangsung tiga hari ini masih menggenangi beberapa kawasan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nunukan menginformasikan wilayahnya masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada malam hari. Sedangkan ketinggian genangan, BPBD masih mengidentifikasi ketinggian muka air antara 50 hingga 120 cm di beberapa wilayah. Genangan masih ada meskipun cuaca cerah berawan pada hari ini.

Foto BPBD Nunukan

Menyikapi potensi hujan, BPBD Kabupaten Nunukan dan komponen pemerintah, TNI, Polri serta dan masyarakat berkomitmen untuk melakukan pemantauan. Pihaknya bersama pemerintah kecamatan, polsek, koramil, pemerintah desa, kampung siaga bencana, desa tangguh bencana beserta sukarelawan terus melakukan pendataan dan imbauan kepada warga untuk selalu siap siaga menghadapi banjir.

Banjir masih menggenangi beberapa desa di Kecamatan Sembakung. Kedelapan desa terdampak antara lain Desa Butas Bagu, Labuk, Pagar, Tujung, Manuk Bungkul, Atap, Lubakan dan Tugul.

Dari sejumlah desa terdampak, BPBD mencatat 440 KK atau 1.568 jiwa terdampak. Namun demikian, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir ini. Mereka bertahan di rumah masing-masing.

Banjir yang masih terjadi ini dipicu oleh luapan debit air sungai yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Sembakung. Hujan dengan intensitas tinggi memicu banjir yang terjadi sejak Selasa lalu (25/5), pukul 18.00 WIB. ***ebn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *