Nikmati Sunset Romantis di Tebing Breksi

 Nikmati Sunset Romantis di Tebing Breksi
Objek wisata Tebing Breksi di Sleman, Yogyakarta. Romantis di saat sunset. Foto: Istimewa

DALAM hitungan bulan Anda tidak berkunjung ke Yogyakarta, niscaya akan menjadi generasi zaman old. Pasalnya, kota istimewa yang satu ini, memiliki perkembangan objek wisata yang sangat pesat. Di Yogya, objek sederhana bisa menjadi luar biasa. Contohnya Tebing Breksi yang biasa juga disebut Bukit Breksi atau Taman Breksi. Objek wisata ini berada di dekat Candi Ijo, Sambirejo, Sleman.

Tebing Breksi atau Taman Breksi (TB) termasuk jenis objek wisata yang terbentuk karena aktivitas manusia. Tahun 1980 an tempat ini adalah daerah penambangan batu kapur breksi yang dilakukan masyarakat setempat di dusun Groyokan. Namun dua tahun yang lalu tempat wisata yang buka setiap hari ini, diresmikan sebagai Cagar Budaya oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dari sejumlah penelitian terhadap batuan kapur yang ada di TB, ternyata merupakan endapan dari hasil erupsi berupa abu vulkanik gunung Nglanggeran di gunung Kidul yang merupakan gunung api purba.

Apa yang dapat dinikmati di tempat ini?

Di area wisata tanpa tarif masuk ini, beberapa ukiran dari para seniman lokal sering menjadi spot favorit. Ukiran-ukiran itu ada yang melukiskan tokoh wayang berbagai karakter, dan ukiran naga.

Ukuran wayang di dinding breksi, serta ukiran naga di samping tangga naik dan turun ke bukit Breksi, menjadi pemandangan yang menarik. Foto: Istimewa

Selain tampak eksotis TB juga menawarkan lansekap yang luar biasa. Dengan menaiki tangga batu ke puncak bukit pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah. Bagi mereka yang ingin menikmati suasana sunrise/sunset dengan suasana serta view romantis, atau sekadar panorama kota Yogyakarta.

Beberapa jenis burung jinak, juga menjadi objek menarik di Bukit Breksi. Foto: Resti Handini

Tidak hanya itu, di area puncak bukit Anda pun dapat ber selfie-ria. Di sana ada beberapa sudut semacam ajungan untuk tempat berfoto. Fotografer professional pun ada di tempat. Yang sedikit berbeda di tempat ini kita bisa menjumpai beberapa ekor burung menawan yang sudah jinak.

Di area sebelah barat ada semacam lingkaran tempat pertunjukan dengan labirin utk para penontonnya. TB kini termasuk tempat wisata yang tengah menjadi primadona, apalagi sempat dikunjungi Presiden Barrack Obama bersama keluarganya.

Waktu yang paling tepat mengunjungi tempat wisata ini adalah sore hari. Di siang hari akan terasa panas. Jika Anda datang di akhir pekan, dapat menikmati musik hidup dari band yang manggung dengan tenda di area datar. Namun hari Minggu sore, belum lama ini begitu banyaknya pengunjung, sehingga TB layaknya seperti ada keriaan. Sangat banyaknya pengunjung menjadikan kami tidak dapt menyaksikan detil indahnya TB.

Bagi Anda yang hanya ingin melihat keindahan alam TB, tetapi tidak siap untuk menaiki puncak bukit dapat duduk santai sambil memesan aneka minuman hangat khas Jawa Tengah seperti wedang uwuh dan wedang secang. Ingin minuman dingin pun tersedia, bahkan di sudut tempat ada semacam warung lesehan yang menyediakan aneka minuman dari variasi cokelat. Cendera mata aneka jenis juga tersedia di sini. ***

Banyak spot selfie di obek wisata Tebing Breksi atau Bukit Breksi ini. Foto: Resti Handini
Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *