NHKBP Resort Kwala Bekala Medan Gelar Retret ke Samosir

 NHKBP Resort Kwala Bekala Medan Gelar Retret ke Samosir
Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt Mangido Tua Pandiangan berfoto bersama dengan NHKBP Resort Kwala Bekala Medan. (Foto ist)

Jayakarta News – Naposo Huria Kristen Batak Protestan (NHKBP) Resort Kwala Bekala Jalan Simalingkar Medan menggelar retret (penyegaran rohani) ke Sopo Agape Tomok Kabupaten Samosir, Jumat (6/9). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan pemuda gereja terlibat aktif dalam pelayanan dan memiliki keseimbangan kehidupan rohani dan mental serta memiliki jiwa kepemimpinan kristen.

Ketua Panitia retret NHKBP Resort Kwala Bekala Medan, Antonius Samosir mengatakan sebagai organisasi kepemudaan di gereja NHKBP Resort Kwala Bekala membutuhkan kegiatan penyegaran rohani tersebut. “Kegiatan retret ini merupakan program NHKBP Resort Kwala Bekala sebagai generasi gereja tentu membutuhkanya melalui siraman rohani maupun refreshing agar setiap pribadi naposobulung menjadi lebih semangat, memiliki hati dan jiwa yang segar dalam melayani Tuhan,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya pembelajaran iman yang selama ini dilakukan dalam jadwal rutin di tengah kesibukan studi dan pelayanan telah memperkaya wawasan hidup beriman dan bergereja. Pendalaman tentang hakikat hidup beriman dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan metode retret sebagai saranan pembinaan dan pemantapan komitmen iman.

“Diharapkan semoga dalam pelaksanaan retret ini, hati dan jiwa peserta benar-benar segar dan semakin haus akan firman Tuhan dan hubungan antara pemuda/i NHKBP Resort Kwala Bekala Medan semakin erat dan kompak serta memiliki hati yang rindu dan selalu rindu untuk melayani Tuhan,” katanya.

Dijelaskan, kegiatan pemuda gereja tersebut berlangsung selama dua hari yakni Jumat 6 September s/d Minggu 8 September 2019 dan diikuti 50 orang peserta dengan mengambil tema “Level Up With Jesus” (2 Petrus 3:18) dengan sub tema “melalui retret NHKBP Jalan Simalingkar B naposobulung semakin bertumbuh dalam persekutuan dan pelayanan dalam Kristus”.

“Melalui kegiatan ini NHKBP resort Kwala Bekala dapat memperbaharui sikap dan tingkah laku dalam hubungan sesama khususnya dengan Tuhan. Retret kali juga ini diisi berbagai kegiatan seperti seminar dan sebagainya,” ujarnya.

Praeses HKBP Distrik VII Samosir, Pdt Mangido Tua Pandiangan selaku pembicara dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Tuhan juga pernah melakukan retret bersama muridnya.

“Retret itu artinya keluar dari kesibukan sehari-hari ketempat yang hening. Berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa,” katanya.

Praeses HKBP Distrik VII Samosir dalam materi “Keselamatan” menyampaikan bahwa Tuhan adalah kasih sekaligus adil.

“Keselamatan yang kekal bukan karena perbuatan kita namun karena kasih karunia Tuhanlah kita diselamatkan sehingga Ia rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Semuanya itu karena Allah kasih dan sekaligus adil,” ujarnya. (*/Monang Sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *